Senin, 16 Jul 2018 16:50 WIB

Salah Total Prediksi Piala Dunia, Goldman Sachs Ditertawakan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Timnas Prancis juara Piala Dunia 2018. Foto: Reuters Timnas Prancis juara Piala Dunia 2018. Foto: Reuters
Jakarta - Prediksi juara Piala Dunia 2018 yang dilakukan oleh Goldman Sachs dengan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) di awal turnamen, terbilang menarik, mengingat Goldman Sachs adalah bank tenar se-dunia. Sayang, tebakannya salah total.

Kecerdasan buatan milik Goldman Sachs memprediksi bahwa Brasil yang akan jadi juara Piala Dunia 2018 usai menang dari Jerman di partai puncak.

Untuk menghasilkan prediksi ini, AI Goldman Sachs menggunakan 200 ribu model dan data dari tim dan individual pemain, untuk membantu memperkirakan skor pertandingan secara spesifik.



Goldmand Sachs kemudian mensimulasikan satu juta variasi turnamen untuk menghitung probabilitas kemajuan setiap tim.

Kenyataannya, final yang digelar di Stadion Luzhniki, Moskow, mempertemukan Prancis vs Kroasia. Prancis berhasil mengalahkan Kroasia dengan skor akhir 4-2. Sedangkan baik Brasil maupun Jerman bahkan tak mampu masuk ke semifinal.

Tak ayal, Goldman Sachs jadi bulan-bulanan netizen karena salah memperkirakan pemenang dari Piala Dunia edisi kali ini. Mengingat, Goldman Sachs merupakan bank global yang namanya begitu mentereng di bidang investasi.

Ada yang mengatakan bahwa Goldman Sachs menggunakan simulasi teknologi yang sama salahnya untuk prediksi pasar. Ada juga yang menertawakan perusahaan yang bermarkas di New York, AS itu sambil mengajak agar orang-orang berhati-hati investasi di mereka ke depannya.



Dikutip detikINET dari Economic Times, Senin (16/7/2018), Goldman Sachs rupanya hanya menggunakan statistik tim tertentu, seperti jumlah gol yang dicetak dalam 10 pertandingan resmi terakhir, peringkat tim, serta variabel untuk memperhitungkan jarak tim dari rumah mereka.



















(agt/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed