Senin, 16 Jul 2018 11:51 WIB

Ini Penyelam Gua yang Bikin Elon Musk Meradang

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Vern Unsworth, penyelam dan ahli gua asal Inggris. Foto: Twitter/bexwright1 Vern Unsworth, penyelam dan ahli gua asal Inggris. Foto: Twitter/bexwright1
FOKUS BERITA Elon Musk Dikecam
Jakarta - Elon Musk kembali menyita perhatian dunia. Sayangnya, kali ini bukan prestasi yang ditorehkannya, seperti kesuksesan SpaceX, perusahaan antariksa besutannya, saat berhasil menerbangkan Falcon Heavy, roket terkuat di dunia.

Adalah perbuatannya terhadap seorang penyelam sekaligus ahli gua asal Inggris bernama Vern Unsworth yang membuatnya mendapat sorotan publik. CEO Tesla tersebut menghina salah satu penyelamat 13 korban gua di Thailand itu dengan sebutan "pedo guy".

Lantas, apa sebenarnya yang dilakukan oleh Unsworth? Lontaran kritik pedas darinya lah yang membuatnya sukses memancing emosi salah satu orang terkaya di dunia itu. Berikut wawancara singkatnya dengan CNN, sebagaimana detikINET kutip pada Senin (16/7/2018).

Tonton juga video: Elon Musk Hina Penyelamat Korban Gua Thailand

[Gambas:Video 20detik]


Reporter: "Apa yang kamu pikirkan soal ide Elon Musk?"

Vern Unsworth: "Dia bisa meninggalkannya di sana. (Kapal selam) itu benar-benar tidak memiliki peluang untuk dapat bekerja. Ia (Elon Musk) tidak memiliki konsep mengenai seperti apa penjelajahan ke dalam gua. Kapal selam itu, saya percaya, memiliki panjang 1,6 meter dan kaku sehingga itu tidak akan bisa melewati tikungan atau rintangan lainnya. Itu tidak akan bisa melewati 50 meter pertama di dalam gua mulai dari titik awal penyelaman. Ini semata-mata kepentingan publisitas."

Reporter: "Tapi dia masuk ke dalam gua pada Selasa (10/7/2018) lalu?"

Vern Unsworth: "Dan diminta untuk pergi (dari gua) secepatnya. Dan itu yang memang seharusnya dia lakukan."

Singkat, padat, jelas. Mungkin kata-kata itu bisa menggambarkan betapa 'jengkelnya' Unsworth terhadap usaha Elon untuk membantu korban gua Tham Luang di Thailand.

Sebagaimana diketahui, pria dengan kekayaan mencapai USD 20 miliar (Rp 288 triliun) tersebut memang melakukan sejumlah upaya untuk menunjukkan niatnya dalam membantu para korban. Usaha tersebut mulai dari pembuatan kapal selam mini yang muat untuk satu orang hingga ikut masuk ke dalam gua.


Ucapan bernada miring dari Unsworth tentunya tak cuma omongan kosong. Hal tersebut disebabkan perannya dalam misi penyelamatan ini dianggap sangat vital dalam menghubungkan pemerintah Negeri Gajah Putih dengan para ahli gua dari negaranya.

Ia pun sudah paham betul dengan karakteristik gua Tham Luang. Unsworth mengaku tempat tersebut sudah sebagai rumah kedua baginya lantaran ia menghabiskan enam tahun terakhir untuk mengeksplorasi gua itu.

Pemahamannya pun membuatnya menjadi orang pertama yang dapat memperkirakan di mana tim sepak bola bernama Wild Boars itu terperangkap. Dan terbukti, para korban berhasil ditemukan dalam jarak 200 meter dari prediksi Unsworth.

(mon/afr)
FOKUS BERITA Elon Musk Dikecam

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed