Jumat, 13 Jul 2018 11:40 WIB

YouTube Hadirkan Alat Deteksi Pencurian Video

Josina - detikInet
YouTube. Foto: detikINET/Irna Prihandini YouTube. Foto: detikINET/Irna Prihandini
Jakarta - Sebagai kreator konten video, tentu akan merasa kesal jika video yang sudah dibuat susah payah dicuri orang kemudian diunggah ulang oleh pengguna lain di YouTube.

Nah, kini YouTube mempersiapkan sebuah pendeteksi pemberitahuan jika video buatan kamu telah diambil oleh orang lain. Tool tersebut dinamai YouTube dengan nama Copyright Match (Pencocokan Hak Cipta).

Saat video akan diunggah ke YouTube, layanan streming video tersebut akan melakukan pemindaian dan memeriksa apakah konten video tersebut sudah ada atau memiliki kemiripan dengan video lain.

Dilansir detikINET dari The Verge, Jumat (13/7/2018), tool ini bisa digunakan oleh pemilik akun YouTube yang telah memiliki lebih dari 100 ribu subscriber. Sang kreator yang telah mengaktifkan tools ini akan diberitahu jika salinan video mereka muncul di YouTube.


Ketika alat ini bekerja, misalnya menemukan kecocokan video yang sama, maka si pembuat video pertama tersebut akan diberi informasi dan bisa memberikan tindakan. Yaitu menghubungi langsung pengguna yang menyalin video tersebut atau meminta YouTube untuk menghapus salinan video tersebut.

Namun perlu dicatat, si kreator video harus menjadi orang pertama yang mengunggah video agar dianggap sebagai pembuat asli oleh tool tersebut.

Sebelumnya, YouTube sudah memiliki tool serupa yang dinamai Content ID yang membantu pemilik hak cipta menemukan orang yang menggunakan konten mereka tanpa izin. Namun ID Konten lebih terbatas ketersediaannya. (jsn/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed