Kamis, 12 Jul 2018 10:05 WIB

Mark Zuckerberg dan Jeff Bezos Kaya Tapi Kurang Beramal

Annisa Shafira - detikInet
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Kekayaan Mark Zuckerberg boleh saja menyalip Warren Buffet. Tapi jika menyangkut berdonasi, rasanya belum bisa melampaui.

Dilansir dari laman Slate, Kamis (12/7/2018), sejak tahun 2006, Buffet telah menyumbangkan sebanyak 290 juta lembar saham dari perusahaannya, Berkshire Hathaway. Beberapa diantaranya disumbangkan ke badan amal milik Bill Gates.

Sekarang saham tersebut sudah bernilai sebanyak USD 52 miliar. Apabila angka itu ditambahkan ke kekayaan Warren Buffet saat ini, jumlahnya akan naik menjadi USD 135 miliar, jauh mengalahkan kekayaan Zuckerberg.



Sementara Zuckerberg sendiri memang berjanji untuk mengamalkan 99% kekayaannya secara perlahan selama kehidupannya. Tapi saat ini proyek tersebut masih tahap awal realisasinya.

Selain bos Facebook, orang kaya yang dinilai kurang beramal adalah Jeff Bezos. Namun ini bukan berati bos Amazon itu tidak pernah memberikan donasi dalam berjumlah besar. Hanya saja donasi yang dia berikan tidak cukup besar untuk sampai mempengaruhi jumlah kekayaannya, berbeda dengan Bill Gates.

Semenjak tahun 1994, Bill Gates telah menyumbangkan saham Microsoft sebanyak lebih dari 700 juta lembar kepada badan amalnya, Bill and Melinda Gates Foundation. Apabila ia memutuskan untuk tidak menyumbangkan saham nya tersebut, kekayaannya akan bertambah sebanyak USD 71 Miliar, dan kekayaannya akan melonjak hingga USD 165 Miliar. Jumlah ini akan membuat Gates menjadi orang terkaya di dunia dan mengalahkan Bezos yang saat ini berada diurutan pertama.



Baik Gates maupun Buffet, pada saat awal mereka mengamalkan sahamnya, jumlahnya memang belum setinggi saat ini. Namun, mereka dapat memperkirakan bahwa saham yang diberikan akan terus meningkat jumlahnya.

Keduanya juga menyadari bahwa banyak masalah di dunia ini yang urgen dan harus secepatnya diatasi. Untuk membantu menyelesaikan masalah-masalah tersebut mereka memilih untuk mendonasikan saham dibandingkan dengan hanya memberikan uang, karena itu mereka dapat memberikan donasi yang luar biasa jumlahnya. (afr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed