Rabu, 11 Jul 2018 14:04 WIB

Mantan Teknisi Apple Ketahuan Curi Rahasia Mobil Otonom

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Ari Saputra/detikcom Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta - Mantan teknisi Apple bernama Xiaolang Zhang, ketahuan mencoba memberikan rahasia dagang Apple kepada tempat kerja barunya, XMotors.

Zhang didakwa pekan ini di pengadilan California utara, Amerika Serikat. Sebelumnya, Zhang sempat ditahan pada Sabtu (7/7/2018), saat ia akan menaiki pesawat menuju Beijing, China.

Zhang sendiri bergabung di Apple sebagai teknisi perangkat keras pada 2015 dan diberikan akses luas terhadap database internal yang bersifat rahasia.



Zhang kemudian mengambil cuti pada April. Ketika kembali bekerja, dia berkata kepada atasannya kalau ia ingin pulang ke China untuk merawat ibunya yang sakit.

Namun ternyata ini adalah strateginya sebelum bergabung ke XMotors, startup China yang fokus dalam mengembangkan kendaraan elektrik dan otonom. Setelah Zhang mengembalikan laptop dan ponselnya kepada perusahaan, Apple meninjau aktivitas unduhannya dan menemukan kalau Zhang telah mengumpulkan banyak data rahasia.

Fokus ke Ponsel Baru, Apple Hentikan Produksi iPhone X dan SE, tonton video selengkapnya di 20Detik

[Gambas:Video 20detik]



Zhang pun mengaku kepada Apple bahwa ia pernah mengunjungi laboratorium software dan hardware saat sedang cuti. Ia juga mengaku telah mengirimkan data rahasia ke komputer milik istrinya. Ketika diinvestigasi pada 27 Juni, Zhang mengaku telah mengambil dokumen dari Apple.

"Kami bekerja sama dengan pihak berwajib terkait masalah ini dan akan melakukan apa pun untuk memastikan individu ini dan individu lainnya yang terlibat untuk bertanggung jawab terhadap tindakan mereka," kata juru bicara Apple dalam pernyataannya seperti dikutip detikINET dari Gizmodo, Rabu (11/7/2018).

Apple sendiri tidak pernah berbicara tentang proyek mobil otonom mereka. Tidak diketahui apakah Apple memang membangun mobil otonom atau hanya membuat sistem operasi untuk mobil.



Jika data rahasia Apple jatuh ke tangan XMotors, tentu ini akan menguntungkan bagi startup tersebut. Meski belum begitu dikenal, XMotors telah berhasil mendapatkan dana dari investor besar seperti Alibaba, Foxconn, dan IDG Capital.

Mereka juga telah menunjukkan kendaraan elektriknya di ajang CES tahun ini yang seharusnya mulai dijual pada musim semi tahun ini. (rns/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed