Senin, 09 Jul 2018 16:43 WIB

Riset: Pemilik iPhone Dianggap Orang Kaya

Annisa Shafira - detikInet
iPhone X. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET iPhone X. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Jika memiliki iPhone atau iPad, kemungkinan besar Anda dianggap menghasilkan banyak uang. Itulah hasil riset yang dikeluarkan Biro Riset Ekonomi Nasional oleh para ekonom di University of Chicago, Amerika Serikat, yaitu Marianne Bertrand dan Emir Kamenica.

"Dari data yang kami kumpulkan, dari tahun ke tahun belum ada merek yang kerap digunakan untuk memprediksi kekayaan seseorang sesering Apple iPhone," tulis mereka.

Kedua ekonom itu menemukan bahwa ketika seseorang memiliki iPhone, ada 69% kemungkinan bahwa mereka berpendapatan tinggi, atau berasal dari rumah tangga yang memiliki pendapatan tinggi. Menurut riset tersebut, pemikiran bahwa iPhone berhubungan erat dengan pendapatan tinggi adalah tren baru.

Dikutip detikINET dari Business Insider Senin, (9/7/2018) pada tahun 2004, riset tersebut menemukan bahwa di Amerika Serikat, rumah yang menggunakan mentega merk Land O'Lakes dan kecap merk Kikkoman lah yang paling sering diprediksi sebagai rumah tangga berpendapatan tinggi. Sedangkan pada tahun 1992, saus mustard merk Grey Poupon adalah tanda keluarga kaya.



iPhone memang dijual lebih mahal dari smartphone-smartphone saingannya. Contohnya, ada beberapa ponsel Android yang berharga kurang dari Rp 1,4 juta, sedangkan harga iPhone yang paling mahal dapat mencapai Rp 14 juta atau lebih.

Meski demikian, ada beberapa protes menganai riset ini. Mengingat walau iPhone terbaru harganya tinggi, banyak iPhone model lama masih dijual di pasaran. Sebelum iPhone X dan iPhone X diluncurkan, tercatat orang yang memiliki iPhone 7 hanya sebanyak 19% sedangkan sisanya sebanyak 81% memiliki model iPhone yang lebih lama. Mulai iPhone 6s sampai iPhone 4 yang dirilis 8 tahun lalu. (fyk/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed