Senin, 09 Jul 2018 09:15 WIB

Virgin Galactic Mau Terbangkan Turis Antariksa dari Italia

Virgina Maulita Putri - detikInet
Pesawat Virgin Galactic. Foto: (Twitter) Pesawat Virgin Galactic. Foto: (Twitter)
Jakarta - Virgin Galactic, perusahaan penerbangan luar angkasa milik triliuner asal Inggris Richard Branson, baru saja mengumumkan kemitraan dengan dua perusahaan dirgantara terbesar di Italia.

Kemitraan ini bertujuan untuk membangun pesawat luar angkasa yang akan berbasis di Grottaglie Spaceport. Pesawat ini kemudian akan tersedia bagi pengguna seperti Italian Space Agency atau masyarakat umum yang ingin membayar untuk pergi ke luar angkasa.

Selain itu, pesawat ini juga dapat digunakan sebagai platform untuk melakukan penelitian di lingkungan tanpa gravitasi.

Dua mitra baru Virgin Galactic adalah Altec, perusahaan yang dimiliki oleh Italy Space Agency, dan Sitael yang merupakan perusahaan dirgantara terbesar di Italia. Kedua perusahaan ini akan menyumbangkan teknologinya untuk pembangunan pesawat dan framework peluncuran pesawat.



"Saya percaya kepada visi Italia, yang berujung pada kolaborasi ini dengan perusahaan luar angkasa Virgin milik kami, akan memberi dorongan yang nyata saat kami berusaha membuka ruang angkasa untuk manfaat kehidupan di Bumi," kata CEO Virgin Group, Richard Branson dalam pernyataan resminya, seperti dikutip detikINET dari The Verge, Senin (9/7/2018).

Saat ini, Virgin Galactic memiliki satu pesawat luar angkasa yang disebut VSS Unity. Pesawat ini telah melalui beberapa uji coba terbang, namun belum pernah mencapai luar angkasa.

Pesawat ini didesain untuk membawa turis menuju area suborbital, dimana mereka akan merasakan sensasi melayang tanpa gravitasi selama beberapa menit sebelum kembali ke Bumi.



Berbeda dengan rencana perusahaan lain seperti Blue Origin yang akan menggunakan parasut untuk mendaratkan kapsulnya, pesawat ini nantinya dapat mendarat di landasan pacu horisontal layaknya pesawat biasa.

Saat ini, sudah ada ratusan calon penumpang yang memberikan deposit sebesar USD 250.000 untuk tiket perjalanan ke luar angkasa menggunakan VSS Unity. Virgin Galactic sendiri belum menetapkan tanggal untuk penerbangan pertama, tetapi Branson mengatakan ia akan terbang menggunakan VSS Unity paling awal di tahun ini. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed