Kamis, 05 Jul 2018 19:02 WIB

Tips Jitu Bikin Konten yang Viral di Medsos

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Ilustrasi. Foto: GettyImages Ilustrasi. Foto: GettyImages
Jakarta - Siapa yang tidak senang jika postingan di akun media sosial (medsos) miliknya menjadi viral? Bukan hal yang aneh jika banyak netizen yang ingin apa yang diunggahnya di akun miliknya menjadi perbincangan banyak orang, dalam hal positif tentunya.

Lalu, bagaimana membuat konten yang bisa menjadi viral di dunia maya? Dwi Adriansah, Country Industry Head Indonesia & Malaysia Twitter, punya jawaban singkatnya.



"Tips konten viral itu harus relevan buat banyak orang, terus juga appealing supaya bisa menghasilkan engagement," ujarnya saat hadir dalam acara Social Media One Day.

Salah satu contoh yang diambilnya adalah cuitan dari akun atas nama @carterjwm. Pemilik akun tersebut, Carter Wilkerson, menulis kicauan yang menanyakan kepada restoran cepat saji Wendy's, berapa banyak retweet yang harus diperolehnya untuk mendapatkan nugget gratis.

Tips Bikin Konten yang Viral di Medsos Dwi Adriansah, Country Industry Head Indonesia & Malaysia Twitter. Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET


Pihak restoran pun membalasnya dengan singkat, "18 juta". Respons dari Wendy's pun membuat Carter meminta netizen agar melakukan retweet terhadap kicauannya.

Postingan ini kemudian menjadi viral, sampai-sampai perusahaan seperti Google, Amazon, hingga Apple ikut serta membantu Carter. Akhirnya, ia berhasil mengumpulkan 3,6 juta retweet sampai saat ini.

Carter Wilkerson on Twitter

HELP ME PLEASE. A MAN NEEDS HIS NUGGS



Walau jauh dari target, angka tersebut sudah membuatnya menjadi pemilik salah satu kicauan dengan engagement terbesar sepanjang sejarah Twitter. Adriansyah, yang kerap disapa Ade, juga menanggapi fenomena ini.



"Agak nyeleneh sebenarnya tweet ini karena minta nugget gratis. Tapi brand-nya ini juga unik menanggapinya, jadilah tweet ini viral," katanya.

Jadi, sudah siap mengunggah konten yang berpotensi menjadi viral? (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed