Kamis, 05 Jul 2018 18:24 WIB

Tik Tok Masih Bisa Dibuka Pakai WiFi?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Tik Tok. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto Tik Tok. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
FOKUS BERITA Blokir Tik Tok Dibuka!
Jakarta - Aplikasi Tik Tok rupanya masih bisa diakses dengan mengunakan jaringan WiFi. Padahal, pemblokiran terhadap aplikasi musik video tersebut sudah dilakukan oleh Pemerintah Indonesia.

Berdasarkan uji coba yang dilakukan oleh detikINET, ketika mengunduh aplikasi Tik Tok dan memanfaatkan jaringan WiFi, hasilnya adalah aplikasi tersebut bisa digunakan seperti biasanya.

Aplikasi Tik Tok masih diakses.Aplikasi Tik Tok masih diakses. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto


Tak ada hambatan berarti untuk mengakses Tik Tok seperti pada umumnya, ketika menggunakan jaringan WiFi ini.



Namun kondisi berbeda terjadi saat mengalihkan jaringan mobile seluler. Aplikasi Tik Tok yang tadinya berjalan normal, tiba-tiba tidak bisa dibuka. Tampilan mendadak memunculkan tulisan 'loading' secara terus-menerus.

Aplikasi Tik Tok tidak bisa diakses pakai jaringan mobile seluler.Aplikasi Tik Tok tidak bisa diakses pakai jaringan mobile seluler. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto


Ketika hal ini ditanyakan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), mereka menjawab bahwa Tik Tok seharusnya masih tidak bisa diakses.

Hal itu dikarenakan, kata Kominfo, Tik Tok harus menjalankan dua komitmen yang diajukan oleh Pemerintah Indonesia kepada Tik Tok. Ketika dua komitmen tersebut sudah dilakukan, Kominfo akan membuka pemblokiran Tik Tok seperti sediakala lagi.

"Mereka perlu memenuhi persyaratan-persyaratan yang kemarin disampaikan di keterangan pers/doorstop (kemarin)," ujar Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Noor Iza, Kamis (5/7/2018).



Seperti diketahui, Tik Tok dicekal Kominfo karena dinilai mengandung konten negatif. Maka Kominfo mengajukan dua syarat untuk membuka blokir aplikasi yang digandrungi anak muda ini.

Pertama adalah mereka diminta membersihkan konten-konten negatif yang saat ini ada di Tik Tok. Kemudian, komitmen yang kedua adalah agar Tik Tok menggunakan filtering, dimana ditujukkan konten-konten pornografi seperti pemblokiran saat ini, tidak terjadi lagi ke depannya. (agt/fyk)
FOKUS BERITA Blokir Tik Tok Dibuka!

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed