Kamis, 05 Jul 2018 13:11 WIB

Cerita Menkominfo Sempat Dicuekin Tik Tok

Agus Tri Haryanto - detikInet
Menteri Rudiantara bertemu perwakilan Tik Tok. Foto: Grandyos Zafna Menteri Rudiantara bertemu perwakilan Tik Tok. Foto: Grandyos Zafna
FOKUS BERITA Blokir Tik Tok Dibuka!
Jakarta - Sebelum dilakukannya pertemuan yang berlangsung antara Tik Tok dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kemarin, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengaku sempat dicuekin oleh platform musik video tersebut.

Dalam penuturannya, Rudiantara mengatakan pemblokiran Tik Tok dilakukan pemerintah karena pihak Tik Tok tidak kunjung memberikan tanggapan terhadap surat yang sudah dilayangkan oleh Kominfo kepada mereka.

"Kami putuskan diblok, setelah kami hubungi tapi tidak ada respon. Jadi, kami selalu menghubungi sebelumnya. Semua yang diblok itu, platform-platform seperti ini, kita hubungi dulu," tutur dia.



Tujuan Kominfo menghubungi Tik Tok, lantaran pemerintah mendapatkan laporan dari masyarakat terkait adanya konten negatif yang tersemat di aplikasi yang berada di bawah naungan perusahaan Bytedance Technology Co asal China ini. Termasuk adanya konten berbau pornografi.

Terhitung hingga Selasa pagi (3/7/2018), Kominfo telah menerima 2.853 laporan dari masyarakat. Pada akhirnya, di siang harinya, Kominfo memutuskan untuk memblokir Tik Tok usai permintaan dari Pemerintah Indonesia tidak mendapatkan tanggapan.



"Ini (Tik Tok) juga nggak jawab, ya sudah. Tapi kan sekarang malah datang," Rudiantara menlanjutkan.

Sikap yang ditunjukkan oleh Tik Tok dengan datang langsung menyambangi Kominfo, sangat diapresiasi oleh Rudiantara

"Saya apresiasi respons cepat dari Tik Tok. Bagi kami penting ada komitmen dari mereka. Saya mengakui Tik Tok itu platform yang bagus untuk generasi anak muda Indonesia untuk mengekspresikan kreativitasnya, tapi tidak untuk konten negatif ya," ungkap dia.

Bebas Blokir! Tik Tok Kini Sudah Aktif Lagi, cek videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(agt/fyk)
FOKUS BERITA Blokir Tik Tok Dibuka!

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed