Senin, 02 Jul 2018 12:05 WIB

Serunya Piala Dunia Robot, Ajang Prestasi Indonesia

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Gelaran RoboCup. Foto: RoboCup Gelaran RoboCup. Foto: RoboCup
Jakarta - Jika para atlet pesepak bola punya Piala Dunia 2018 sebagai gelaran terakbar, robot pun tak mau kalah. Mereka juga punya kompetisi dalam gelaran serupa. RoboCup menjadi nama dari acara yang dilangsungkan secara tahunan tersebut.

Dalam edisi kali ini, terdapat 35 negara yang ikut serta, dengan melibatkan 5.000 robot dan 4.000 tenaga manusia. Mereka semua berkumpul dan bersaing di Montreal, Kanada, selaku tuan rumah dari RoboCup 2018.

Dari robot-robot tersebut, ada yang menyerupai manusia, walau ukurannya terbilang mungil. Lalu, ada juga robot-robot sederhana yang berbentuk kotak dengan roda di bagian bawahnya untuk memungkinkannya bergerak.

Lucunya, para robot yang ikut serta dalam RoboCup 2018 ini tidak sehebat pesepak bola di Piala Dunia. Mereka tidak bisa berlari, melompat, dan kadang terjatuh setelah menendang bola.

Selain berbeda dari sisi pesertanya dengan Piala Dunia 2018 di Rusia, RoboCup ternyata menjadi 'pelarian' bagi Indonesia yang tak pernah ikut gelaran empat tahunan tersebut sejak 1938, itu pun namanya masih Hindia Belanda. Adalah dua perguruan tinggi dalam negeri, yaitu Institut Sepuluh November Surabaya (ITS) dan Politeknik Negeri Batam, yang berhasil menorehkan tinta emas dalam ajang tersebut.


ITS, melalui tim bernama Ichiro, berhasil meraih empat penghargaan sekaligus. Deretan prestasi tersebut adalah Juara Pertama Sepak bola Robot Kategori Teen Size, Juara Kedua Technical Challenge Kategori Teen Size, Juara Kedua Drop-In Challenge Kategori Teen Size, dan Juara Ketiga Best Humanoid Robot Soccer.

Sedangkan Politeknik Negeri Batam, lewat timnya yang bernama Barelang FC, sukses merengkuh Juara Ketiga Sepak Bola Robot Kategori Kid Size. Kegembiraan kedua tim itu tampak dari sejumlah unggahan di media sosial berikut ini:

Regrann from @permikamtl - Hari ini menjadi hari yang mengharukan dan membahagiakan, dua Tim Indonesia ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ berjuang keras atas nama bangsa di kompetisi RoboCup dunia 2018, Montrรฉal, Kanada. Datang membawa semangat membara dengan Garuda yang terpatri di jiwa, akhirnya Indonesia mampu membuktikan kepada dunia atas karya anak bangsa nya yang luar biasa. SELAMAT KEPADA: 1. Tim Balerang Politeknik Negeri Batam @polibatamofficial sebagai JUARA III Robocup kids 2018 2. Tim ICHIRO ITS @ichiro.its @its.robotics @its_campus sebagai JUARA I Robocup teen 2018. "Indonesia Juara!" ๐Ÿ†๐Ÿ†๐Ÿ†๐Ÿ†๐Ÿ† . . Terimakasih juga kami sampaikan kepada @kbri_ottawa yang sudah memberikan banyak dukungan kepada Tim Indonesia. . . . Cc @robocup2018 #indonesiajuara #robocup2018 - #regrann

A post shared by ICHIRO - ITS (@ichiro.its) on Jun 22, 2018 at 12:16am PDT





Jika melihat situs resmi dari RoboCup 2018, negara-negara seperti Jerman, Belanda, Iran, dan China merupakan nama-nama yang cukup banyak memperoleh titel juara di sana. Di samping Indonesia, Thailand menjadi negara asal Asia Tenggara lain yang berhasil merengkuh gelar juara di kompetisi tersebut.

RoboCup 2018 sendiri merupakan gelaran yang ke-22, sejak pertama kali diselenggarakan pada 1996 silam. Momen perdana dari piala dunia robot ini juga sekaligus menandakan berdirinya RoboCup Federation selaku penyelenggara ajang tersebut.

(mon/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed