Minggu, 01 Jul 2018 17:10 WIB

Tips Buat Orang Tua agar Tidak Gaptek

Annisa Shafira - detikInet
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Kebanyakan orang tua mungkin berpikir bahwa waktu berkualitas bersama keluarga adalah ketika meluangkan waktu tanpa disibukkan dengan gadget atau perangkat teknologi lainnya. Tapi jangan lupa, teknologi juga banyak manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari keluarga,

Internet dan berbagai teknologi lainnya telah menyediakan berbagai pilihan yang bahkan belum ada 10 tahun yang lalu. Contohnya, teknologi telah mengubah cara kita berkomunikasi secara signifikan.

Saat ini ada media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram yang memungkinkan pengguna lebih mudah berkomunikasi dengan anggota keluarga yang sedang jauh.



Dikutip detikINET dari Froddo, Minggu (1/7/2018), sebuah penelitian yang dilakukan AARP dan Microsoft menunjukan bahwa 83% keluarga merasa bahwa teknologi membantu mereka meningkatkan kualitas dan frekuensi komunikasi antar anggota keluarga.

Kebanyakan orang tua terlalu fokus terhadap pengaruh negatif teknologi. Tentu saja, ada risiko-risiko tertentu dari internet yang belum bisa sepenuhnya dimengerti anak.

Di sinilah peran orang tua dibutuhkan. Agar tidak gaptek, orang tua juga perlu belajar berkolaborasi dengan teknologi dan bukan malah menganggap teknologi sebagai musuh. Berikut tips-tipsnya.

1. Berusaha mengerti dunia teknologi

Memang agak sulit memahami bagaimana anak menggunakan gadget yang mereka miliki. Tentunya akan lebih mudah apabila orang tua berusaha mengerti tentang dunia teknologi dan internet, sehingga mereka bisa memberikan edukasi kepada anak tentang hal-hal penting seperti privasi dan menjaga anak dari bahaya di internet.

2. Gunakan teknologi yang ada bersama-sama

Coba bermain game di tablet bersama anak. Anda bahkan bisa membuat perlombaan dengan mengajak semua anggota keluarga berkompetisi bersama dalam memainkan game favorit anak Anda.

Orang tua juga harus ingat untuk bersabar dan biarkan anak 'menggurui'. Memberikan kesempatan pada anak untuk mengajarkan hal-hal tertentu kepada orang tua dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka.



3. Buat peraturan

Peraturan dapat menjaga keamanan anak. Saat anak masih kecil, mereka akan butuh banyak peraturan yang bisa diubah ketika mereka sudah semakin besar dan mandiri.

Contoh peraturan yang dapat orang tua buat adalah, membatasi waktu mereka memegang gadget atau mengakses internet, melarang mereka membagi informasi pribadi, dan memantau perilaku online mereka. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed