Rabu, 27 Jun 2018 16:36 WIB

Atur Arus Mudik, Jasa Marga Pakai Teknologi AI

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Foto: Mudik Tahun Ini Ternyata Pakai Teknologi Kecerdasan Buatan Foto: Mudik Tahun Ini Ternyata Pakai Teknologi Kecerdasan Buatan
Jakarta -

Arus mudik tahun ini menjadi beda dengan hadirnya kolaborasi startup Nodeflux, Telkom Divisi Digital Service, dan PT Jasa Marga dalam implementasi kecerdasan buatan, big data, dan deep learning.

Chief Executive Officer Nodeflux Meidy Fitranto mengatakan, dalam arus mudik kemarin, pihaknya memasang layanannya pada 10 titik rest area pada ruas mudik yang padat.

Melalui layanan tersebut, maka kendaraan pada ruas sebelum dan pada area peristirahatan bisa dikenali secara akurat, untuk kemudian datanya diolah dan ditampilkan secara real time kepada masyarakat.

Atur Arus Mudik, Jasa Marga Pakai Teknologi Kecerdasan BuatanFoto: Mudik Tahun Ini Ternyata Pakai Teknologi Kecerdasan Buatan


"Layanan kami mampu menghitung kendaraan yang masuk secara akurat dan real time, baik di pintu masuk atau keluar rest area. Dari data tersebut, maka informasi slot parkir kosong dapat ditampilkan pada papan pengumuman digital sebelum masuk rest area," ujarnya dalam keterangan yang diterima detikINET, Rabu (27/6/2018).



Binaan program Indigo.id batch 2016 itu mampu memodernisasi manajemen area peristirahatan di area tol melalui proses pengelolaan parkir menjadi lebih cepat dan akurat sehingga memudahkan masyarakat pemudik.

Informasi slot kosong bahkan sampai didetilkan seperti parkir kosong untuk kendaraan kecil sekian unit dan lahan kosong kendaraan besar sekian unit. Hal ini membuat pengendara bisa mengatur perjalanannya lebih nyaman.

Atur Arus Mudik, Jasa Marga Pakai Teknologi Kecerdasan BuatanFoto: Mudik Tahun Ini Ternyata Pakai Teknologi Kecerdasan Buatan


Potensi penggunaan teknologi kecerdasan buatan dalam manajemen kendaraan di Indonesia sangat terbuka luas mengingat lalu lintas di perkotaan besar di Indonesia merupakan masalah yang cukup serius untuk diselesaikan.

"Penerapan teknologi kami dalam pengawasan rest area di ruas jalur mudik merupakan momentum dan tahap awal yang dapat digunakan sebagai contoh pengaplikasian dalam meningkatkan manajemen lalu lintas di Indonesia," tambah Meidy.

Pihak Jasa Marga, melalui Agus Sofian, VP IT Jasa Marga, menyatakan, penggunaan teknologi kecerdasan Artificial Intelligence (AI) sangat membantu kegiatan operasional dengan mengotomasi aktivitas yang sebelumnya dilakukan manual.



Penerapan AI saat momen mudik ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dan dapat terus disempurnakan untuk mendukung transformasi digital Jasa Marga dan penerapan sistem ITS (Intelligent Transportation System) dalam manajemen jalan tol di Indonesia.

Sebelumnya, Nodeflux telah bekerjasama dengan Kepolisian dalam peningkatan keamanan melalui teknologi dan kebijakan strategis. Teknologi yang ditawarkan nodeflux mampu menganalisa pengenalan wajah, serta pengenalan plat nomor kendaraan yang digunakan dalam peningkatan keamanan.

Dengan model bisnis lisensi, mereka juga menjajaki kerjasama dengan sejumlah pemda dalam layanan kota cerdas berupa perhitungan arus lalu lintas, monitor parkir liar,manajemen kendaraan umum, pemantauan sampah di permukaan sungai, dan banyak lagi.

Meidy Fitranto mendirikan perusahaan teknologi pada tahun 2015 tersebut bersama Faris Rahman, teman seangkatannya di ITB. Saat ini Nodeflux merupakan perusahaan pertama dan satu-satunya saat ini di Indonesia berbasis Intelligent Video Analytics.

Sebagai pionir dalam perusahaan Intelligent Video Analytics, Nodeflux menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang mengikuti Inception Program oleh NVidia sebagai produsen GPU terbesar di dunia. Teknologi yang ditawarkan Nodeflux telah dipakai di berbagai instansi pemerintah dan swasta. (rou/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed