Senin, 25 Jun 2018 14:19 WIB

Grup Facebook akan Punya Keanggotaan Eksklusif dan Berbayar

Virgina Maulita Putri - detikInet
Ilustrasi Facebook. Foto: Reuters Ilustrasi Facebook. Foto: Reuters
Jakarta - Grup Facebook nantinya akan memiliki opsi untuk anggotanya memiliki keanggotaan eksklusif. Keanggotaan eksklusif ini dihargai mulai dari USD 4,99 hingga USD 29,99 per bulannya.

Seperti dilansir detikINET dari The Verge, Senin (25/6/2018), beberapa grup Facebook akan menjadi yang pertama untuk mendapatkan fitur baru ini, sebagai bagian dari uji coba awal. Grup-grup tersebut antara lain grup tentang parenting, memasak, dan mengatur rumah.

Grup yang saat ini memiliki keanggotaan gratis masih terus eksis, tetapi grup tersebut akan memiliki sub-grup yang lebih premium. Sebagai contohnya, grup Declutter My Home milik blogger gaya hidup Sarah Mueller sekarang memiliki grup ekslusif bernama Organize My Home yang memiliki biaya keanggotaan sebesar USD 14,99 per bulan.



Facebook mengatakan fitur ini diharapkan dapat menjadi sarana bagi admin grup yang telah mendedikasikan waktu untuk mengembangkan komunitasnya agar bisa memperoleh pendapatan.

Selain itu, admin juga diharapkan dapat menggunakan uang yang mereka dapatkan dari biaya keanggotaan untuk membuat konten berkualitas tinggi untuk grupnya, baik berupa post, video, atau acara offline.

Grup Facebook berbayar seperti ini mungkin akan membuat eksklusivitas grup meningkat. Namun, menetapkan biaya untuk mengakses grup berbayar mungkin akan membuat anggota yang ingin bergabung merasa terusir.



Fitur ini masih merupakan eksperimen yang hanya diuji di aplikasi mobile Facebook. Facebook sendiri tidak akan mengambil keuntungan dari biaya berlangganan, namun sebagai bagian dari kebijakan App Store dan Play Store, Apple dan Google akan mengambil sebagian biaya berlangganan dari pengguna. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed