BERITA TERBARU
Senin, 25 Jun 2018 09:53 WIB

AI Nvidia Ubah Video Standar Jadi Slow Motion

Raden Fadli Sumawilaga - detikInet
Ilustrasi. Foto: Gettyimages Ilustrasi. Foto: Gettyimages
Jakarta - Para peneliti dari Nvidia telah membuat sistem Artificial Intelligence (AI) yang mampu mengubah video 30 fps standar jadi gerak lambat (slow-motion). Gambarnya tetap berkualitas tinggi yang terlihat seolah direkam menggunakan frame rate tinggi dari kamera berkecepatan tinggi, yang nantinya dapat digunakan di kamera ponsel sekalipun.

Dilansir dari detikINET dari The Verge, Senin (25/6/2018), Nvidia saat ini memang tengah serius mendorong teknologi AI, termasuk merilis chip bertenaga tinggi untuk menggerakkan robot masa depan.

Meskipun dimungkinkan untuk mengambil video 240 fps dengan ponsel, merekam pada frame rate tinggi tidak praktis bahkan untuk kamera slow motion sekalipun. Karena membutuhkan memori yang besar dan sangat intensif untuk perangkat mobile, sehingga masih dibutuhkan penyempurnaan.



Para peneliti tersebut melatih AI yang mereka ciptakan menggunakan lebih dari 11.000 video olahraga dan kehidupan sehari-hari, yang direkam menggunakan video 240 fps.

Untuk mengubah video biasa menjadi video slow-motion, AI secara pintar menghadirkan frame yang hilang sebanyak mungkin agar mencapai frame rate yang diinginkan. Para peneliti tersebut juga menginformasikan metode yang digunakan mereka mampu menghasilkan beberapa frame yang spasial dan temporal koheren.

Nvidia juga mengklaim bahwa metode tersebut mampu merekam video sehari-hari dari momen paling berharga dalam hidup serta menampilkan gerak lambatnya demi terlihat seperti adegan sinematik favorit.

(fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed