BERITA TERBARU
Minggu, 24 Jun 2018 17:17 WIB

Erdogan Ternyata Punya Banyak Fans di Indonesia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Recep Tayyip Erdogan (Foto: REUTERS/Umit Bektas) Recep Tayyip Erdogan (Foto: REUTERS/Umit Bektas)
Jakarta - Masyarakat Indonesia ternyata banyak yang mengidolai Recep Tayyip Erdogan. Itu bisa terlihat dari menjamurnya akun-akun media sosial tentang pemimpin Turki tersebut dalam bahasa Indonesia.

Di akun Facebook dengan alamat @sahabaterdogan, misalnya, jumlah akun yang menyukai page Erdogan ini mencapai 471.195. Isi dari akun tersebut mengenai sepak terjang dari pria berusia 64 tahun itu.

Belum diketahui, siapa yang mengelola akun @sahabaterdogan ini. Namun, di setiap postingannya, mengundang reaksi, seperti menekan tombol like, komentar, sampai dibagikan hingga ribuan kali.





Beralih ke Instagram, ada juga yang mengatasnamakan @sahabaterdogan juga. Kendati, jumlah pengikut di media sosial berbagi foto dan video ini jumlah masih lebih sedikit dari yang ada di Facebook, yakni hanya 60,1 ribu pengikut.

[Pemilu Turki] . Hari ini jutaan orang Turki pergi menuju kotak pemungutan suara. Sebelumnya, pesta demokrasi tersebut direncanakan akan digelar November 2019. Namun, berdasarkan hasil sidang parlemen yang meloloskan rancangan undang-undang untuk mempercepat pemilihan umum, maka pemilihan umum di Turki dilaksanakan hari ini, 24 Juni 2018. . Keputusan tersebut menandai transisi sistem politik Turki dari parlementer menuju presidensial sebagaimana hasil referendum 16 April 2017 lalu. Erdogan mengemukakan alasan terkait langkah tersebut diambil karena untuk menghindarkan Turki dari skenario buruk, yaitu situasi tak menentu yang kemungkinan akan dihadapi Turki, mengingat sistem baru akan segera diterapkan. . Adapun kandidat yang maju sebagai calon presiden Turki yaitu, Recep Tayyip Erdogan dan Muharrem Ince. Timbul banyak persepsi terkait dengan hasil pemilihan umum ini, diantaranya kemenangan yang akan diperoleh dengan sangat mudah oleh pihak Erdogan. Dalam jajak pendapat pertengahan April lalu, Erdogan meraih 40% suara. Sedangkan Asener mendapatkan 30%, Ince hanya 20%. Sedangkan pemimpin pro Kurdi, Selahattin Demirtas hanya meraih dukungan di bawah 10%. . Siapakah yang akan memenangkan pemilu ini? Nantikan info lanjutan tentang pemilu turki, dan berbagai informasi menarik seputar Turki serta sang presiden Erdogan hanya di @sahabaterdogan, karena akan segera hadir kesempatan menarik diakhir bulan ini. So, jangan sampai ketinggalan infonya ya! Stay tune! . Follow us Facebook : Sahabaterdogan Instagram : Sahabaterdogan Telegram : Sahabaterdogan Youtube : Sahabaterdogan Web : Turkinesia.net . Source Foto : DR.Fatimah Betul Sayan

A post shared by Sahabat Erdogan Indonesia (@sahabaterdogan) on Jun 23, 2018 at 4:07pm PDT



Walaupun begitu, akun Instagram @sahabaterdogan ini terbilang aktif memposting segala sesuatu yang berkenaan dengan Erdogan. Sampai saat ini, akun tersebut sudah memiliki 4.064 postingan.

Selain page 'Sahabat Erdogan', ada juga akun page Facebook bernama 'Sultan Erdogan' yang memiliki massa netizen Facebook sampai ratusan ribu. Terpantau, jumlah akun yang memberikan like page @sulthonerdogan ini mencapai 168.500 user.

Isi postingan 'Sultan Erdogan' pun hampir sama, membawakan informasi yang berkaitan dengan sepak terjang Erdogan dengan negara yang dipimpinnya, yakni Turki, dalam kontribusi di kancah internasional.



Erdogan sendiri terbilang cukup sering melakukan kunjungan ke Indonesia. Di satu kesempatan, Erdogan sempat mengungkapkan rasa kagumnya terhadap kemegahan Masjid Istiqlal di Jakarta.

Masyarakat Turki sendiri akan memulai sejarah dengan mengikuti pemungutan suara untuk memilih presiden dan anggota parlemen. Pemilu kali ini menjadi salah satu yang terpenting dalam sejarah negara yang berada di kawasan Eurasia ini.



Seperti detikINET kutip dari AFP, Minggu (24/6/2018), tempat pemungutan suara dibuka dari pukul 08.00 pagi waktu Turki atau pukul 12.00 WIB dan akan ditutup pada 05.00 sore waktu Turki atau pukul 21.00 WIB.

Ada enam kandidat yang maju dalam Pemilu tersebut, termasuk Erdogan yang sudah berkuasa selama 15 tahun. Kemudian, Muharrem Ince, Meral Aksener, Selahattin Demirtas, Temel Karamollaoglu, dan Dogu Perincek.

Pemilu tahun ini menjadi salah satu yang terpenting dalam sejarah modern Turki. Sebabnya, pemenang pilpres nantinya akan memiliki kekuasaan eksekutif baru di bawah referendum konstitusi tahun lalu, yang memutuskan menghapus peran PM dan memusatkannya ke Presiden

Total ada 59,39 juta pemilih yang terdaftar dalam pemilu tahun ini. Jumlah itu termasuk 3,047 juta pemilih di luar negeri. Sebanyak 180.065 kotak suara telah disebar ke 81 provinsi di Turki. Sedangkan total 3.160 kotak suara disediakan di sekitar 123 misi diplomatik Turki di sebanyak 51 negara. (agt/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed