Minggu, 24 Jun 2018 15:10 WIB

Facebook Bocorkan Laporan Developer Aplikasi

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Facebook masih dalam sorotan publik terkait skandal kebocoran data Cambridge Analytica. Karenanya, hal lain yang berhubungan dengan data menjadi perhatian.

Susah payah Facebook mengembalikan citranya soal keamanan dan privasi pada layanannya, isu lain muncul menyorotinya. Dikutip detikINET dari laporan TechCrunch, Minggu (24/6/2018), Facebook tak sengaja membocorkan laporan analisis dari developer ke para penguji aplikasi.

Seorang developer yang menolak disebutkan namanya menyebutkan, dirinya menemukan bahwa email berisi rangkuman Facebook App Analytics dikirim ke seseorang di luar Facebook.



Email tersebut berisi data privasi seperti rata-rata pengguna mingguan, page view dan jumlah pengguna baru. Dikonfirmasi mengenai hal ini, Facebook membenarkan bahwa 3% aplikasi yang menggunakan platform analitik mereka memiliki ringkasan mingguan yang dikirim ke penguji aplikasi, tak cuma developer.

Namun dengan adanya celah, data ini bisa memberi bocoran pada kompetitor yang mungkin saja menjadi salah satu penguji sebuah aplikasi, dan memanfaatkan data tersebut sebagai senjata dalam persaingan.



Sejauh ini para penguji aplikasi tidak bisa melihat data lebih spesifik lewat email yang dikirimkan tersebut. Meski demikian, Facebook segera merespons dengan langsung memperbaiki bug ini.

Raksasa jejaring sosial ini juga meyakinkan bahwa tidak ada informasi personal yang terungkap dalam email tersebut. Facebook juga berupaya menghubungi semua developer aplikasi yang terkena bug tersebut. (rns/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed