Sabtu, 23 Jun 2018 14:44 WIB

Adobe Bikin AI untuk Deteksi Foto Palsu

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Kecerdasan buatan (AI) membuat proses pengeditan foto dan video menjadi sangat mudah, namun AI ternyata juga bisa dipakai untuk mengetahui foto yang sudah diedit.

Perkembangan AI yang semakin mempermdah pengeditan foto membuat banyak pihak cemas, karena akan semakin mudah foto-foto hoax menyebar di dunia maya. Untungnya kini Adobe tengah mengembangkan penangkalnya.

Adobe kini tengah mengembangkan machine learning yang bisa dipakai untuk menemukan foto yang sudah diedit. Teknologi ini dipamerkan di CVPR computer vision conference, yang menunjukkan kalau proses forensik digital yang biasanya dilakukan oleh manusia kini bisa dilakukan oleh mesin dan waktu prosesnya jauh lebih cepat.

Teknologi ini masih berada dalam tahap pengembangan, dan bahkan masih dalam bentuk kertas hasil penelitian. Meski belum tersedia dalam bentuk produk komersial, tetap saja menarik melihat ketertarikan Adobe -- nama besar dalam software editor foto -- pada teknologi ini.

Adobe sendiri memang mengakui penelitian teknologi ini masih berada dalam tahap sangat awal. Namun di masa yang akan datang, Adobe ingin punya peran utama dalam mengembangkan teknologi yang bisa memantau dan memverifikasi keaslian sebuah konten digital, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Sabtu (23/6/2018). (asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed