Sabtu, 23 Jun 2018 07:58 WIB

China Kendorkan Sensor Internet demi Pariwisata

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Pulau Hainan di China. Foto: (CNN Travel) Pulau Hainan di China. Foto: (CNN Travel)
Jakarta - Pemerintah China berencana mengendorkan sensor internet di Hainan untuk menggenjot pariwisata di pulau tersebut.

Turis yang mengunjungi Hainan akan bisa mengakses Facebook, Twitter dan YouTube, tak seperti di area China lain di mana ketiga jejaring itu diblokir. Berdasarkan rencana anyar pemerintah China, provinsi Hainan juga akan menjadi area perdagangan bebas pada 2020 mendatang.

Sistem penyensoran konten internet di China sering disebut sebagai Great Firewall, yang memblokir akses ke hampir semua media sosial dan situs berita asing. Namun nantinya di dua kota utama di provinsi Hainan, turis akan bisa mengakses Twitter, Facebook, dan YouTube.


Namun dari dokumen yang saat ini tersedia ke publik tak terungkap apakah platform lain seperti Google, Instagram, WhatsApp dan sejumlah platform lain akan ikut dibuka pemblokirannya, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Sabtu (23/6/2018).

Dibukanya sensor internet di Hainan ini sebenarnya tak terlalu mengejutkan, karena provinsi ini terletak pada sebuah pulau yang lokasinya paling selatan dibanding area lain di China. Pulau beriklim tropis ini sepertinya akan bernasib sama seperti Hong Kong dan Macau, di mana aturan yang diterapkan tak seketat di China daratan, meskipun memang kedua negara itu mempunyai pemerintahan yang berbeda dengan China daratan. (asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed