Ragam Cuitan Netizen Rayakan #HUTJakarta

Ragam Cuitan Netizen Rayakan #HUTJakarta

Josina - detikInet
Jumat, 22 Jun 2018 12:24 WIB
Ilustrasi Twitter. Foto: Reuters/Kacper Pempel
Jakarta - Hari ini tepatnya Jumat, 22 Juni 2018, masyakarat Indonesia khususnya di Jakarta sedang memperingati hari lahir ibu kota ini yang ke-491 tahun.

Menurut Wikipedia, penetapan Hari Jadi Kota Jakarta, yang dulu dikenal dengan nama Sunda Kelapa, Jayakarta, dan Batavia adalah istilah yang merujuk kepada penetapan yang dikeluarkan oleh Sudiro, Wali kota Jakarta periode 1953-1958.

Sudiro, ketika itu menyadari perlunya peringatan ulang tahun Kota Jakarta dengan penetapan tanggal pasti. Maka, dengan meminta pendapat para ahli sejarah seperti Mister Mohammad Yamin dan Mister Dr Sukanto, serta wartawan senior Sudarjo, ditetapkanlah Hari Jadi Jakarta pada 22 Juni 1527. Itu dihitung dari tanggal dan tahun didirikannya oleh Fatahillah yang mengubah nama Sunda Kelapa jadi Jayakarta.

Dipantau detikINET di Twitter tagar HUT Jakarta masuk ke deretan trending topik Indonesia. Ucapan mengalir dari ratusan netizen yang saling memberikan selamat ulangtahun serta doa-doa untuk Jakarta agar lebih baik.

Banyak dari mereka mendoakan agar persoalan sehari-hari Jakarta seperti macet hingga banjir dan pembangunan LRT dapat segera diselesaikan.




















(jsn/fyk)