Jumat, 22 Jun 2018 09:35 WIB

Negara Ini Matikan Internet Saat Ujian Akhir Sekolah

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi. Foto: Adhar Muttaqin Ilustrasi. Foto: Adhar Muttaqin
Jakarta - Biasanya, sebuah negara mematikan koneksi internet karena dianggap membahayakan keamanan negara, atau bisa juga melanggar aturan penyebaran informasi di negara tersebut. Namun di Aljazair, koneksi internet sengaja dimatikan pada masa ujian akhir sekolah.

Ya, pemerintah Aljazair memutuskan untuk mematikan koneksi internet agar para siswa sekolah tak bisa berbuat curang saat ujian, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Jumat (22/6/2018).

Sekilas langkah ini memang terlihat berlebihan, namun sekadar informasi pada 2016 lalu ada insiden terkait ujian semacam ini. Yaitu bocornya pertanyaan ujian di dunia maya, jadi sepertinya pemerintah Aljazair tak ingin mengulangi kejadian serupa.



Bahkan Menteri Pendidikan Aljazair Nouria Benghabrit pun mengaku kalau mereka tak menyukai keputusan untuk mematikan koneksi internet tersebut. Namun mereka juga tak bisa berdiam diri melihat adanya kemungkinan kebocoran soal ujian tersebut bisa terjadi lagi.

Dimatikannya koneksi internet selama ujian sekolah ini tak dilakukan sepanjang hari. Koneksi internet mobile dan kabel hanya akan dimatikan selama satu jam selama ujian berlangsung, yang dimulai pada Rabu (20/6/2018) lalu sampai 25 Juni mendatang. (asj/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed