Jumat, 22 Jun 2018 06:59 WIB

Drone Bantu Temukan Orang Hilang

Indissa Salsabila - detikInet
Ilustrasi drone. Foto: Internet Ilustrasi drone. Foto: Internet
Jakarta - Seorang lelaki paruh baya yang hilang di tengah rawa ditemukan berkat bantuan drone. Kok bisa?

Seperti diketahui, drone memiliki banyak kegunaan mulai dari memantau arus lalu lintas, cuaca, memotret atau membuat video, sampai digunakan sekadar untuk kesenangan. Dalam kasus yang satu ini, kegunaan drone benar-benar memberikan manfaat bagi kepolisian Norfolk, Inggris.

Peter Pugh, 75, warga Brancaster, Norfolk ditemukan selamat setelah menghilang hampir 24 jam ketika sedang berjalan pulang bersama keluarganya, Sabtu (16/6) pukul 17:10 waktu setempat.


Dia terjebak di dalam alang-alang yang padat saat mencoba melalui ladang tersebut. Setelah ia tersandung dan beberapa kali terjatuh, laki-laki paruh baya ini sempat beristirahat.

Namun pada pukul 9 malam, air pasang mulai datang. Usahanya untuk berenang ke ladang selanjutnya terhalang oleh alang-alang.

"Saya tetap mencoba untuk dapat pergi dari rawa-rawa ini, namun tak bisa. Saya tidak dapat merangkak karena kaki saya terjebak dan jika saya berdiri dan mencoba untuk berjalan akan sama saja. Saya berharap semoga saja ada yang melihat saya," tuturnya.

Dikutip detikINET dari BBC, Kamis (21/6/2018), Peter dapat mendengar suara helikopter yang ada di udara. Namun dia sulit memberitahu orang yang ada di helikopter tersebut karena rumput-rumput yang berduri dan alang-alang.

Polisi Norfolk, awak sekoci, dan penjaga pantai mencari Peter semalaman. Namun Pugh baru dapat ditemukan melalui drone yang dikirimkan pada Minggu (17/6) pukul 14:35.

Sersan Danny Leach yang menerbangkan drone, mengarahkan para penjaga pantai dan pemadam kebakaran untuk menyusuri lumpur yang dalam di lokasi Peter berada.

Ia kemudian diangkat menggunakan ambulan udara ke rumah sakit Queen Elizabeth di King's Lynn, dan segera dirawat karena mengalami hiportemia.

"Saya pikir saya sangat beruntung bisa tetap hidup saat ini, karena usia saya yang sudah 75 tahun dan jantung saya tidak bersahabat dengan kondisi semacam ini," jelas Peter. Istrinya pun memuji kinerja hebat layanan keadaan darurat.

Tim penyelamat mengatakan, peran drone sangat penting dalam menyelamatkan hidup Peter. Drone polisi dapat membantu menemukan Peter menemukan wilayah yang sulit diakses helikopter.

"Sekitar 50 orang dikerahkan untuk operasi pencarian ini. Melalui dedikasi dan kerja keras para penyelamat, kami dapat menyelamatkannya," kata juru bicara tim kepolisian Norfolk.

Polisi Norfolk menggunakan drone pertama kalinya tahun lalu untuk membantu menemukan orang, memperoleh foto adegan kejahatan, dan melakukan investigasi mendalam pada kasus kejahatan.

Mereka memiliki dua unit drone yang dapat bertahan terbang di udara selama 20 menit dengan kecepatan hingga 50 mph.


Lorne Green, seorang Polisi Norfolk, menggambarkan operasi penyelamatan ini sebagai 'pencapaian yang luar biasa'. Kegigihan para tim penyelamat dan kemajuan teknologi dapat menjadi kombinasi yang sangat tepat untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Insiden ini menggambarkan bahwa kemajuan teknologi saat ini dapat membantu memudahkan pekerjaan petugas kepolisian. Dengan disertai kinerja polisi yang gigih dan pemanfaatan teknologi, permasalahan akan lebih mudah untuk diselesaikan. (rns/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed