Kamis, 21 Jun 2018 18:06 WIB

Viral Aksi Simpatik Suporter Jepang Bersih-bersih Stadion

Josina - detikInet
Foto: Twitter Foto: Twitter
Jakarta - Kultur budaya disiplin dan sangat menjaga kebersihan masih melekat pada Jepang. Tak hanya diterapkan di negerinya sendiri tapi juga di negara lain.

Hal itu terbukti saat gelaran ajang World Cup 2018 yang diselenggarakan di Rusia. Para suporter Jepang terlihat sedang melakukan aksi bersih-bersih stadion usai pertandingan.

Aksi bersih-bersih para suporter timnas Jepang terjadi di Mordovia Arena, Saransk setelah Jepang melawan Kolombia, Selasa (19/6/2018). Saat pertandingan tersebut Jepang berhasil mengukir sejarah karena menjadi tim Asia pertama yang berhasil mengalahkan tim Amerika Selatan lewat kemenangan dengan 2-1.


Usai pertandiangan para suporter Jepang membawa kantong sampah dan berkeliaran di sekitar stadion untuk mengambil segala jenis sampah yang ditinggalkan oleh penonton askinay terekam lewat video yang kemudia dengan cepat viral di dunia maya. Alhasil aksi mereka pun menarik kagum netizen dan menuai pujian.

"terberkatilah orang-orang ini."

"Saya percaya itu disebut ... kelas."

"Jadi Jepang pada dasarnya adalah satu-satunya negara di dunia di mana orang memiliki tata krama. Mengapa begitu sulit untuk menyimpan sampah Anda dengan Anda dan kemudian membuangnya ke tempat sampah terdekat? Itu diluar pemahaman saya. "

"Jepang, jangan berhenti menjadi dirimu."

Dilansir detikINET dari NextShark, Kamis (21/6/2018) aksi bersih suporter Jepang bukanlah yang pertama. Pada ajang piala dunia di Brasil tahun 2014 usai kalah dari Pantai Gading mereka juga melakukan pembersihan area stadion.


Scott McIntyre yang merupakan seorang jurnalis sepak bola yang berbasis di Jepang yang mengikuti tim Jepang ke Rusia, mengatakan kepada BBC:

"Ini bukan hanya bagian dari budaya sepakbola tetapi bagian dari budaya Jepang ... Anda sering mendengar orang berkata bahwa sepakbola adalah cerminan budaya. Aspek penting dari masyarakat Jepang adalah memastikan bahwa semuanya benar-benar bersih dan itulah yang terjadi di semua acara olahraga dan tentunya juga di sepakbola."





(jsn/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed