Selasa, 19 Jun 2018 11:35 WIB

Microsoft Beri Penyegaran Antarmuka Office

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: The Verge Foto: The Verge
Jakarta - Microsoft baru saja mengumumkan desain antarmuka baru untuk aplikasi Office miliknya, seperti Word, Excel, dan PowerPoint. Tampilan baru ini akan hadir di aplikasi online Office.com dan aplikasi desktop Office dalam beberapa bulan ke depan.

Tampilan baru ini akan sepenuhnya mengadaptasi Fluent Design System yang diluncurkan Microsoft tahun lalu. Sistem ini sendiri merupakan respon dari Microsoft dalam menanggapi Material Design milik Google.

Seperti dilansir detikINET dari TechCrunch, Selasa (19/6/2018), akan ada tiga perubahan besar dalam pembaruan ini. Perubahan yang paling terlihat sendiri adalah Ribbon yang didesain ulang dan disederhanakan.

Dengan pembaruan ini, Microsoft menghilangkan tampilan tiga baris yang sudah sangat familiar, menjadi satu baris yang menyoroti fitur-fitur paling penting. Tapi jangan khawatir, pengguna yang ingin tampilan yang tradisional dapat memperluas Ribbon yang baru untuk mendapatkan tampilan yang sepenuhnya.


Microsoft nampaknya sadar kalau pembaruan ini akan memicu kontroversi, sehingga Ribbon baru akan diluncurkan di Word versi online. Beberapa pengguna yang terdaftar di program Office Insider juga dapat melihat pembaruan ini di aplikasi Outlook for Windows pada bulan Juli.

"Kami belum siap untuk membawa Ribbon yang disederhanakan ke versi ini karena kami merasa butuh lebih banyak feedback dari lebih banyak pengguna terlebih dahulu. Namun ketika kami sudah siap, pengguna akan bisa kembali menggunakan Ribbon yang klasik dalam sekali klik," kata Microsoft dalam pengumumannya, seperti dikutip detikINET dari TechCrunch, Senin (18/6/2018).

Pembaruan visual lainnya adalah set warna dan ikon yang baru. Tidak seperti Ribbon, perubahan ini akan hadir di aplikasi Office dalam waktu dekat.

Word versi online akan menjadi yang pertama mendapat pembaruan ini, disusul dengan Word, Excel, dan PowerPoint untuk Windows yang dirilis untuk anggota Insider pada akhir bulan ini. Kemudian Outlook untuk Windows akan mendapat pembaruan ini di bulan Juli, dan Outlook untuk Mac pada bulan Agustus.

Fitur baru lainnya akan lebih fokus pada user experience daripada desain. Fitur yang diesbut "zero query search" ini merupakan fitur yang didukung kecerdasan buatan (AI) dan Microsoft Graph untuk memberi rekomendasi berguna untuk pencarian setiap pengguna mengarahkan kursornya ke search box.

Fitur ini sudah tersedia di Office.com, SharePoint Online dan aplikasi mobile Outlook. Selanjutnya fitur ini akan tersedia di versi online Outlook pada bulan Agustus.

(mag/mag)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed