Minggu, 17 Jun 2018 13:04 WIB

Ini Prediksi Juara Piala Dunia 2018 Versi Machine Learning

Raden Fadli Sumawilaga - detikInet
Foto: Dok. University of Dortmund Foto: Dok. University of Dortmund
Jakarta - Ada yang menarik dari prediksi kejuaraan Piala Dunia 2018 kali ini. Prediksi yang biasanya dilakukan para pengamat sepak bola dan ilmuwan olahraga, kini dilakukan oleh komputer berbasis machine learning, dan mereka membesut Jerman sebagai juara perhelatan sepak bola terbesar tahun ini.

Perlu diketahui, para ilmuwan olahraga dan pengamat sepak bola memprediksi tim Brasil sebagai juara dunia. Negara Amerika Latin tersebut diprediksi akan menjuarai Piala Dunia dengan kemungkinan sebesar 16,6 persen. Posisi kedua adalah tim Jerman dengan kemungkinan sebesar 12,8 persen, lalu Spanyol dengan kemungkinan 12,5 persen.

Berbeda dengan prediksi manusia, setelah melakukan 100.000 kali simulasi pertandingan Piala Dunia, sistem menyimpulkan kalau Jerman bakal menjadi pemenang Piala Dunia 2018 kali ini. Meski demikian, ada faktor menarik yang akan sangat mempengaruhi kemenangan Jerman.


Tim nasional Jerman ternyata harus lolos ke babak perempat final agar peluang menangnya semakin tinggi. Jika tidak, Spanyol yang memiliki peluang terbesar untuk menang. Apapun itu, prediksi ini tidak bisa dijadikan patokan. Namun akan sangat menarik apabila prediksi komputer bisa diandalkan untuk berbagai macam ajang perlombaan ke depannya.

Prediksi melalui machine learning tersebut benar-benar dilakukan oleh sekelompok ilmuwan yang dipimpin oleh Andreas Groll dari University of Dortmund, Jerman. Groll dan koleganya membuat sebuah sistem kecerdasan buatan menggunakan metode machine learning untuk memprediksi siapa yang bakal memenangkan Piala Dunia 2018.

Dilansir dari MIT Technology Review, Minggu (17/6/2018), Groll menggunakan teknik khusus dalam data-mining yang disebut dengan random-forest. Teknik tersebut memungkinkan komputer untuk melakukan analisa terhadap sekumpulan data dengan jumlah yang sangat banyak dengan tingkat kesalahan yang lebih rendah dibandingkan teknik data-mining lainnya.

Groll juga menggunakan banyak sekali data untuk menentukan pemenang Piala Dunia 2018. Data tersebut terdiri dari data pemain, data kekuatan tim berdasarkan peringkat FIFA, bahkan hingga data populasi tiap negara yang ikut bertanding di Piala Dunia serta GDP-nya.


Gajah vs Beruang Kutub Prediksi Nasib Jerman di Piala Dunia 2018:

[Gambas:Video 20detik]

(asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed