BERITA TERBARU
Kamis, 14 Jun 2018 21:03 WIB

Saat Kecerdasan Buatan Memprediksi Juara Piala Dunia 2018

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Ryan Pierse/Getty Images Foto: Ryan Pierse/Getty Images
Jakarta - Dengan semakin majunya era teknologi, menebak siapa pemenang Piala Dunia tak lagi menggunakan hewan seperti gurita 'Paul' maupun kucing bernama Achilles, melainkan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Baru-baru ini, kecerdasan buatan telah memprediksi secara detail mengenai negara mana yang akan mengangkat trofi Piala Dunia 2018 yang diselenggarakan Rusia ini.

Adalah kecerdasan buatan milik perusahaan investasi Goldman Sachs yang menyebutkan Brasil menjadi aktor protagonis di ajang sepakbola terakbar empat tahunan tersebut. Brasil disebut akan mengalahkan Jerman di partai puncak sehingga merengkuh gelar yang keenam kalinya.



"Kami tertarik pada model pembelajaran machine learning karena mereka bisa menyaring melalui sejumlah besar variabel yang menghasilkan prakiraan lebih akurat daripada konvensional," kata sekelompok ahli strategi dari tim peneliti internasional Goldman Sach seperti dikutip dari Business Insider, Kamis (14/6/2018).

Untuk menghasilkan prediksi ini, AI Goldman Sachs menggunakan 200 ribu model dan data dari tim dan individual pemain, untuk membantu memperkirakan skor pertandingan secara spesifik.

Golmand Sachs kemudian mensimulasikan satu juta variasi turnamen untuk menghitung probabilitas kemajuan untuk setiap tim.

Selain memprediksi pemenang Piala Dunia 2018, Goldman Sachs juga memberikan catatan penting di kompetisi ini, seperti Inggris yang hanya melaju sampai perempat final dan kalah dari Jerman, Rusia yang bertindak sebagai tuan rumah akan mengalami gagal total karena tidak keluar dari babak penyisihan, dan Arab Saudi diperkirakan menjadi tim kuda hitam.

Piala Dunia 2018 sendiri akan dimulai pada malam hari ini, di mana pertandingan Rusia vs Arab Saudi di stadion Luzhniki, Moskow menjadi laga laga pembuka.



Total akan ada 64 pertandingan yang akan dihelat selama Piala Dunia 2018 di 12 stadion yang tersebar di 11 kota berbeda di Negeri Beruang Merah. Sebanyak 32 negara akan saling berebut menjadi yang terbaik untuk memenangkan trofi bergengsi ini.

Bagi masyarakat Indonesia yang ingin menyaksikan Piala Dunia 2018 dapat menikmatinya melalui Transmedia yang menjadi pemegang hak siarnya. Seluruh laga Piala Dunia 2018 nantinya bisa dinikmati melalui Trans TV, Trans 7, dan Transvision.

Trans TV dan Trans 7 berstatus sebagai Licensed Broadcaster Television Piala Dunia 2018. Sementara Transvision berstatus sebagai Licensed Satellite Television untuk Piala Dunia 2018. Sementara itu, detikcom akan mengulasnya secara detail berikut dengan video highlight resminya (agt/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed