BERITA TERBARU
Kamis, 14 Jun 2018 20:42 WIB

Sambut Lebaran, Netizen Ramai-ramai Ucapkan Selamat #IdulFitri1439H

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Dok. Kemenag Foto: Dok. Kemenag
Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1439 H jatuh pada tanggal 15 Juni 2018. Keputusan tersebut disambut netizen dengan tanda pagar (tagar) #IdulFitri1439H hingga #EidMubarak.

Selain itu, topik yang selaras dengan penyambutan menuju Lebaran, seperti 'Batin', 'Selamat Idulfitri', 'Selamat Lebaran', 'Faidzin', atau 'Minal Aidzin Wal Faidzin' juga menjadi deretan trending topik saat ini di jagat lini masa Twitter.

Ditentukannya esok hari sebagai jatuhnya 1 Syawal, setelah usai dilakukan sidang isbat. Proses penentuan awal Syawal ini menggunakan metode hisab dan rukyat dalam penentuan awal bulan Hijriah. Hal itu sebagaimana diatur di dalam Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah.

"Seluruh peserta sidang isbat bersepakat, dengan mendengarkan pertimbangan MUI, sidang isbat telah menetapkan 1 Syawal 1439 H jatuh pada hari Jumat 15 Juni 2018," ujar Menag Lukman Hakim Saifuddin di kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakpus, Kamis (14/6/2018).































(agt/agt)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed