Selasa, 12 Jun 2018 19:00 WIB

5 Aplikasi yang Dapat Membantu Obati Stres

Indissa Salsabila - detikInet
Ilustrasi. Foto: thinkstock Ilustrasi. Foto: thinkstock
Jakarta - Stres dan depresi merupakan hal yang umum dan wajar dirasakan oleh semua orang sebagai respon terhadap situasi yang dinilai berbahaya atau mengancam. Akan tetapi, stres, kegelisahan, dan depresi yang berkepanjangan tentu tidak baik bagi kesehatan mental dan fisik seseorang.

Bagaimana seseorang itu dapat mengatasi permasalahan inilah yang menjadi kunci untuk tetap dapat bertahan menjalani hidup. Sayangnya, tidak semua orang dapat mengatasi depresi dengan baik dan tak jarang pula depresi ini menjadi alasan seseorang untuk mengakhiri hidupnya.

Menurut Befrienders Worldwide, lebih dari 90% orang yang melakukan bunuh diri disebabkan oleh gangguan mental, terutama depresi dan penggunaan zat berbahaya. Ketika seseorang berada pada puncak stres dan depresi, mereka tidak dapat berpikir secara jernih dan kehilangan akal.



Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang dapat merusak mental dan fisik seseorang karena stres, berikut 5 aplikasi smartphone gratis terbaik yang direkomendasikan untuk mengatasi stres dan kegelisahan menurut Dr Pragya Agarwal, seorang pembicara TEDx;.

1. Headspace

Headspace merupakan aplikasi yang berakar pada ilmu meditasi. Terdapat dua layanan yang ditawarkan oleh Headspace, meditasi yang diarahkan dan meditasi yang tidak diarahkan. Selain itu Headspace juga memberikan banyak konten yang relevan untuk didengarkan para penggunannya.

2. Insighttimer

Insighttimer merupakan salah satau aplikasi meditasi yang sangat terkenal. Aplikasi ini memberikan 9871 meditasi gratis dari lebih 2000 guru dan 25 bahasa. Melalui 4.5 juta pengguna dan sekitar 6000 grup, seseorang yang bergabung dengan aplikasi ini dapat menemukan komunitas yang paling tepat dan cocok untuknya.

3. Calm

Merupakan aplikasi yang dapat menenangkan penggunanya. Seri meditasi yang ditawarkan oleh aplikasi ini dapat diselesaikan dalam waktu 10-20 menit. Aplikasi ini dapat membantu untuk mengembangkan seseorang dengan latihan yang dilakukan sehari-hari dan mereka yang bergabung dengan aplikasi Calm akan merasakan ketenangan serta kedamaian saat meresa stres dan depresi.

Sebagian besar meditasi dari aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis. Akan tetapi, terdapat pula beberapa sesi yang dikunci dan harus berlangganan terlebih dahulu untuk dapat mengaksesnya.

4. Colorfy

Aplikasi ini memberikan perhatian penuh kepada para penggunanya. Colorly muncul pertama kali dalam bentuk cetak. Berlatar belakang sains kreatifitas, Colorly bermaksud untuk menunjukan bahwa mewarnai dapat mengalirkan apa yang sedang dirasakan oleh seseorang. Pengguna aplikasi Colorfy dapat menggunakan template yang ada atau membuat sendiri gambar miliknya untuk diwarnai.

5. Aura

Aura merupakan aplikasi yang betujuan untuk menyajikan meditasi pribadi setiap hari, dalam rangka mengatasi stres, kegelisahan, dan depresi. Seseorang yang menggunakan aplikasi ini akan diberikan satu set pertanyaan yang dapat menilai suasana hati orang itu saat ini. Hasil dari pertanyaan ini akan digunakan untuk memberikan 3 menit meditasi tepadu di setiap harinya.

Meditasi yang diberikan kepada penggunanya selalu mengalami pembaharuan sehingga tidak ada bentuk meditasi yang dilakukan secara berulang. Desain aplikasi ini juga memiliki arti bagi para penggunanya. Sesuai dengan psikologi warna, Biru yang digunakan sebagai latar belakang aplikasi ini memberikan efek menenangkan.

Meski kelima aplikasi ini dapat membantu mengurangi atau bahkan menyembuhkan stres dan depresi, namun peran konselor dan terapis tidak dapat tergantikan hanya dengan lima aplikasi ini. Bagi mereka yang merasakan stres dan depresi berat, penting untuk mendapat pelatihan dari terapis atau konselor, serta perhatian dan pengertian dari orang terdekat. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed