BERITA TERBARU
Selasa, 12 Jun 2018 18:02 WIB

Duh! Suvenir #TrumpKimSummit Diduga Mengandung Virus

Virgina Maulita Putri - detikInet
Pertemuan Kim Jong Un dan Donald Trump. Foto: BBC World Pertemuan Kim Jong Un dan Donald Trump. Foto: BBC World
Singapura - Pertemuan historis antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden Korea Utara Kim Jong Un di Singapura tentu menarik perhatian semua orang. Event ini pun diliput oleh sekitar 3.000 jurnalis dari berbagai media global.

Jurnalis-jurnalis ini menerima goodie bag dari penyelenggara yang berisi cinderamata berkaitan dengan pertemuan ini. Seperti kipas dengan gambar Kim Jong-Un, air mineral, buku panduan Sentosa, dan kipas angin mini dengan USB.

Namun, siapa sangka kipas angin berwarna biru itu dianggap memiliki risiko keamanan menurut sejumlah jurnalis. Dikhawatirkan kipas angin itu digunakan sebagai metode tersembunyi seperti menyelipkan malware ke perangkat milik jurnalis yang meliput event ini.



"Jangan colokkan (kipas) ini. Jangan simpan (kipas) ini," kata jurnalis Barton Gellman melalui akun Twitter-nya, seperti dikutip detikINET dari Mashable, Selasa (12/6/2018).

Gellman kemudian menyarankan jika ada yang sudah terlanjur mencolokkan kipas angin ini di perangkatnya, maka segera untuk mematikan perangkat tersebut.




"Pembuat malware menyalahgunakan insting kita untuk percaya. Hingga ada seseorang yang kompeten melihat lebih jauh, saya usulkan anda mematikan mesin Anda jika bisa dan mengganti password dengan perangkat yang bersih," tambah Gellman.

Kerucigaan juga disampaikan oleh Dosen Cybersecurity Universitas Deakin di Australia Matthew Warren. Ia mengkonfirmasi bahwa kipas tersebut bisa saja membawa risiko keamanan.

"Ide dari USB sebagai cara untuk menghubungkan perangkat ke komputer, dan untuk bertukar data atau mengambil daya untuk bekerja. Masalahnya, ada beberapa kejadian dimana perangkat USB dapat dibajak dan kode berbahaya dapat ditaruh di dalamnya," ujar Warren.



Warren kemudian menambahkan bahwa perangkat seperti kipas ini belum memiliki fitur keamanan di dalamnya. "Saya sudah pasti tidak akan menaruh (kipas itu) ke mesin saya," kata Warren.

Bisa jadi kipas angin tersebut hanya kipas angin biasa dan tidak berbahaya. Namun, tentu lebih baik untuk sedikit curiga dan berhati-hati demi keamanan data yang penting. (agt/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed