BERITA TERBARU
Selasa, 12 Jun 2018 07:57 WIB

Amerika Serikat Memiliki Komputer Super Tercepat di Dunia

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Tech Cunch Foto: Tech Cunch
Jakarta - Departemen Energi Amerika Serikat baru saja meluncurkan komputer super terbarunya. Perangkat tersebut diklaim sebagai komputer super yang paling kuat dan paling pintar di dunia.

Komputer super yang dinamai Summit ini, merupakan hasil kerjasama antara IBM dan Oak Ridge National Library yang disponsori oleh Departemen Energi AS. Summit sendiri diklaim mampu menjalankan 200.000 triliun kalkulasi per detik atau 200 petaflops.



Dengan performa tersebut, Summit diperkirakan akan menempati posisi pertama dalam daftar 500 komputer super teratas. Saat ini daftar tersebut didominasi oleh komputer super dari Cina.

Summit sendiri merupakan komputer super yang berbasis di AS pertama sejak tahun 2012 yang menempati posisi teratas di daftar tersebut. Dirancang untuk melakukan fungsi kecerdasan buatan (AI), machine learning, dan deep learning.

"Perangkat keras Summit yang AI-optimized juga memberi peneliti platform yang luar biasa untuk menganalisis dataset yang besar dan menciptakan perangkat lunak yang intelijen untuk mempercepat laju penemuan," kata Associate Laboratory Director for Computing and Computational Sciences ORLA, Jeff Nichols, dikutip detikINET dari TechCrunch, Selasa (12/6/2018).

Amerika Serikat Memiliki Komputer Super Tercepat di DuniaFoto: Tech Cunch

Summit memiliki 4.600 compute server dengan dua CPU IBM Power9 dan enam GPU Nvidia Tesla V100. Sistem Summit juga memiliki total kapasitas memori sebesar 10 petabytes.

Summit merupakan salah satu dari dua komputer super yang dikembangkan IBM untuk Departemen Energi AS. Komputer super kedua yang disebut Sierra akan mulai online pada tahun ini dan akan ditempatkan di Lawrence Livermore National Library. (afr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed