Jumat, 08 Jun 2018 23:15 WIB

Pakai e-Berindah, Masyarakat Aceh Bisa Lapor Soal Kebersihan

Agus Setyadi - detikInet
Ilustrasi kebersihan. Foto: Rengga Sancaya Ilustrasi kebersihan. Foto: Rengga Sancaya
Aceh - Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman meluncurkan aplikasi e-Berindah. Melalui aplikasi besutan Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh ini, masyarakat dapat melaporkan masalah kebersihan dan keindahan di tempat umum.

Aplikasi e-Berindah yang sudah tersedia di Google Playstore ini, merupakan sebuah aplikasi untuk sistem pengawasan kualitas kebersihan dan keindahan. Dengan mengunduh aplikasi tersebut, masyarakat atau relawan dapat langsung melakukan monitoring kebersihan dan keindahan sejumlah fasilitas atau ruang publik seperti jalan, halte, drainase, sungai, taman, dan TPS.

Laporan dari masyarakat lengkap foto kemudian dianalisis untuk selanjutnya ditindaklanjuti oleh petugas DLHK3. Gagasan pembuatan aplikasi ini muncul dari keterbatasan personel DLHK3 yang menjaga kebersihan seluruh wilayah kota.



"Sehingga kami merasa perlu melibatkan masyarakat, di samping peran dan dukungan dari 53 komunitas yang saat ini concern terhadap isu-isu lingkungan," kata Kadis DLHK3 Banda Aceh T Samsuar baru-baru ini.

"Aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan kepedulian masyarakat dalam menjaga kebersihan dan keindahan kota. Kami juga akan memberi reward atas partisipasi aktif masyarakat atau relawan dalam menjaga lingkungan via aplikasi ini," jelas Samsuar.


Sementara itu, Wali Kota Aminullah mengatakan dirinya sangat menghargai setiap ide atau pemikiran baru untuk kemajuan kota. Menurutnya, kota yang bersih selain enak dipandang dan indah juga akan membentuk masyarakat yang sehat.

"Kemudian kita bisa 'menjual' Banda Aceh ke dunia untuk semakin menarik minat wisatawan. Dengan begitu akan memberi multiplier effect yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," kata Aminullah. (agt/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed