Jumat, 08 Jun 2018 21:37 WIB

Streaming Pertandingan Olahraga Makin Ramai Lewat Smartphone

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: internet Foto: internet
Jakarta - Dalam waktu dekat masyarakat dunia akan dihibur oleh laga para bintang lapangan sepakbola lewat ajang Piala Dunia 2018. Piala Dunia kali ini pun disebut sebagai Piala Dunia Seluler.

Pasalnya, menurut prediksi masrayakat akan lebih banyak meluangkan waktu menonton Piala Dunia melalui perangkat seluler mereka dibandingkan dengan Piala Dunia sebelumnya. Tren menonton secara streaming ini pun sudah terjadi sejak beberapa tahun belakangan, seiring meningkatnya penetrasi smartphone dan penggunaan internet seluler.

Ini pun sudah terjadi untuk sejumlah event olahraga ternama, salah satunya adalah Super Bowl 2018. Menurut data yang dikeluarkan oleh App Annie, jumlah menonton live streaming meningkat 45% dari 2017 ke 2018. Sebanyak 11,6 juta penggemar olahraga juga menonton live stream Winter Olympics 2018, meningkat dari 4,3 juta di tahun 2014.


Streaming dengan perangkat mobile memang belakangan menjadi cara yang asyik pengguna perangkat gadget. Dalam laporan App Annie, sebanyak 80% mengatakan bahwa mereka menggunakan tablet dan smartphone mereka untuk mencari status pemain dan untuk memutar ulang video penting. Fenomena ini pun dikenal sebagai second screening atau layar kedua.

"Setiap Piala Dunia menandai era baru konsumsi acara langsung di seluruh dunia. Piala Dunia 2014 di Brazil ditandai oleh media sosial. Piala Dunia 2018 akan ditandai oleh seluler dan seluler akan menjadi panggung utama di Piala Dunia kali ini," tulis App Annie dalam laporannya dikutip detikINET dari keterangan email, Jumat (8/6/2018).

App Annie juga melihat kebiasaan pengguna seluler dalam menghabiskan waktu rata-rata tiga jam sehari untuk membuka aplikasi. Dengan kebiasaan ini, tak heran FIFA menggarap aplikasi Android dan iOS yang memungkinkan penggemar untuk melihat skor secara real time.


Aplikasi ini sendiri sudah tersedia sejak Piala Dunia 2014 kemarin. Hasilnya, aplikasi ini telah diunduh sebanyak 14 juta kali. Kebanyakan dari pengguna aplikasi FIFA tadi, 82%-nya berasal dari Amerika Selatan, menyusul 73%-nya dari Oceania.

Maish berkairan yang streaming, mobile bukan satu-satunya perangkat yang populer untuk streaming olahraga. Laporan App Annie menyorot aplikasi hiburan tumbuh 330% dari tahun 2015 ke tahun 2017. Semuanya dikuasai oleh aplikasi berlangganan untuk layanan streaming video dan musik. (mag/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed