Jumat, 08 Jun 2018 13:37 WIB

Amazon, Perusahaan Teknologi Pertama Gaet Hak Siar Liga Inggris

Agus Tri Haryanto - detikInet
Liga Inggris. Foto: Darren Staples/Reuters Liga Inggris. Foto: Darren Staples/Reuters
Jakarta - Amazon menjadi perusahaan teknologi pertama yang memenangkan hak siar untuk menampilkan sejumlah pertandingan di Liga Inggris. Apa yang dilakukan Amazon ini telah memecah dominasi Sky dan BT yang menguasai hak siar di liga terketat di dunia itu.

Kesepakatan ini telah diumumkan oleh Premier League pada Kamis waktu setempat. Mengenai nilai kesepakatan kedua belah pihak ini, baik pihak Premier League dan Amazin tidak mengungkapkannya.

Sebagaimana diberitakan oleh Business Insider (8/6/2018) Amazon memperoleh hak siar Premier League untuk menayangkan 20 pertandingan dalam satu musim selama tiga tahun di layanan Prime Video miliknya. Kesepakatan ini efektif dimulai pada bulan Agustus 2019.



Meski tak memegang hak siar semua pertandingan, Amazon akan terlibat dalam dua putaran penuh dalam satu musim Liga Inggris. Ini artinya, perusahaan besutan Jeff Bezos itu termasuk pemilik kewenangan ditayangkannya pertandingan tim sekelas Manchester City, Manchester United, sampai Tottenham Hotspur.

Menurut Premier League, kesepakatan dengan Amazon ini dinilai sebagai terobosan. Kesepakatan ini membawa anggota dari Prime dari Amazon dapat menikmati laga-laga prestisius di salah satu liga terbaik Eropa tersebut.

"Kami menyambut Amazon sebagai mitra baru dan kami tahu Prime Video akan memberikan layanan yang sangat baik, di mana penggemar dapat menikmati Liga Inggris," ujar Richard Scudamore selaku Premier League Executive Chairman.



Untuk diketahui, memegang hak siar di Liga Inggris terbilang sangat rumit karena tidak semua pertandingan dapat disiarkan. Sebelumnya, Sky dan BT dapat memilih laga yang ingin ditayangkan oleh mereka, kebanyakan yang dipilih merupakan pertandingan dari tim besar, sehingga laga dari kesebelasan lainnya jarang ditampilkan di televisi.

Masuknya Amazon ke dalam pasar memecah lima tahun kekuasaan Sky dan BT sebagai pemegang hak siar Premier League. Apa yang dilakukan Amazon juga menambah daftar hak olahraga miliknya yang terus bertambah seperti cabang tenis US Open. (agt/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed