BERITA TERBARU
Jumat, 08 Jun 2018 08:29 WIB

Facebook Ikut Merambah Tren Video Lip-Sync

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Facebook Foto: Facebook
Jakarta - Facebook baru saja mengumumkan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk membuat video lip sync secara live. Fitur yang disebut Lip Sync Live ini nampaknya mengikuti tren video lip sync yang dipopulerkan oleh aplikasi Musical.ly.

Popularitas Musical.ly yang memiliki 60 juta pengguna bulanan dan banyak digunakan oleh remaja dan milenial tentu menjadi alasan mengapa Facebook meniru fitur ini. Apalagi dilatarbelakangi dengan menurunnya kepopuleran Facebook di kalangan remaja.

Facebook juga telah mengadakan perjanjian dengan label rekaman besar dan indie untuk memastikan musik yang digunakan di Lip Sync Live tidak melanggar hak cipta.




Jika pengguna mengunggah video yang hak ciptanya tidak dimiliki Facebook, maka video pengguna akan didiamkan, kecuali pengguna mengajukan kontestasi kepada pemilik hak cipta yang kemudian menyetujui penggunaan musik tersebut melalui alat Rights Manager milik Facebook.

Akan ada ratusan lagu yang dapat "dinyanyikan" oleh pengguna di Lip Sync Live. Termasuk diantaranya "Havana" oleh Camila Cabello, "Welcome to The Jungle" oleh Guns N Roses, dan "God's Plan" oleh Drake, seperti dikutip detikINET dari TechCrunch, Jumat (8/6/2018).

Facebook juga akan memberikan kompensasi kepada artis dan label yang musiknya digunakan. Namun Facebook tidak mengungkapkan bagaimana metode pembayaran royalti tersebut.

(afr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed