Rabu, 06 Jun 2018 18:44 WIB

Google Lens Standalone Sudah Tersedia di Play Store

Josina - detikInet
Foto: internet Foto: internet
Jakarta - Google telah merilis aplikasi Lens secara mandiri, sebelumnya fitur ini tergabung di dalam aplikasi Google Photos.

Awalnya Google Lens pertama kali diperkenalkan ke publik pada Oktober 2017 lalu, tepatnya saat peluncuran Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Kini fitur yang dibekali kemampuan kecerderan buatan (AI) sudah tersedia di Play Store.

Google Lens sendiri merupakan fitur yang berbasis kecerdasan buatan (AI) dan kamera. Dengan fitur ini ia mampu menganalisa foto, mengenali obyek di dalamnya dan menyimpan alamat atau telepon yang langsung disimpan ke dalam daftar kontak di dalam ponsel atau menambahkan sebuah event di dalam kalender.


detikINET pun mencoba untuk menginstalnya, ketika dicoba mudah saja untuk menggunakannya. Cukup mengarahkan kamera ke objek yang diinginkan lalu tab maka dia akan memberikan jawaban mengenai gambar objek tersebut.

Menariknya pengguna akan diberikan opsi tanda jempol ke atas dan ke bawah dengan maksud apakah jawaban yang diberikan Lens itu benar atau tidak. Jika ternyata jawaabannya salah maka Google langsung mendirect untuk memberikan jawaban yang benar.

Selain itu dengan Lens saat memotret objek nama brand atau buku novel fitur ini juga akan memberikan sebuah link untuk diklik yang berisikan informasi artikel seputar ulasan benda tersebut.

Hasil Google LensHasil Google Lens Foto: detikinet


Lalu jika pengguna memotret karu nama, maka Lens akan mengenali informasi dan mencatumkan beberapa data seperti alamat e-mail, nomor telepon dan setelah itu bisa disimpan ke dalam daftar kontak di ponsel.

Tapi ada juga objek yang tak bisa dibaca oleh Lens ini ketika mengambil foto action figure ia tak bisa menjawab apa karakter tersebut.

Untuk merasakan aplikasi ini nampaknya tidak semua ponsel Andorid bisa. Karena saat mengintall aplikasi ini perangkat yang digunakan sudah menjalankan sistem operasi Oreo dan Naugat, ketika dicoba dengan sistem operasi Lolipop fitur ini belum tidak muncul di Play Store. (jsn/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed