Selasa, 05 Jun 2018 14:48 WIB

Netizen Curhat Instagram Down, Kenapa?

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Aplikasi Instagram. Foto: unsplash Aplikasi Instagram. Foto: unsplash
Jakarta - Tak bisa dibukanya aplikasi Instagram membuat sebagian netizen bikin heboh media sosial lain. Mereka pun berspekulasi apa yang menyebabkan hal tersebut dapat terjadi.

Media sosial Twitter ramai dengan sejumlah kicauan netizen yang mengaku aplikasi Instagram di ponsel mereka mengalami masalah. Beberapa di antaranya mengatakan bahwa platform media sosial tersebut sama sekali tidak bisa dibuka.

Menariknya, kejadian tersebut justru dikaitkan dengan sejumlah fenomena yang tengah menjadi perbincangan hangat dalam beberapa waktu belakangan. Terlebih, fenomena-fenomena tersebut memang memiliki hubungan dengan Instagram.



Salah satunya adalah hilangnya foto Amien Rais saat bertemu dengan Habib Rizieq Syihab dan Prabowo ketika sedang melaksanakan ibadah umrah bersama. Foto yang mendadak hilang itu sebelumnya ada di akun atas nama @amienraisofficial.

Selain itu, ada juga netizen yang menghubungkan masalah pada aplikasi Instagram dengan kejadian yang menimpa pedangdut Via Vallen. Pelantun lagu berjudul Sayang tersebut merasa geram lantaran mendapat pesan melalui direct message di Instagram yang menurutnya melecehkan dirinya. Ia mengaku bahwa pesan tersebut dikirim oleh seorang pesepak bola yang bermain di Indonesia.

Lucunya, malah ada warganet yang mengatakan bahwa ini merupakan efek jentikan jari dari Thanos, karakter jahat dalam film Avengers: Infinity Wars. Dalam film tersebut, jentikan jari Thanos menyebabkan separuh populasi alam semesta musnah.

Hal tersebut pun bisa dibilang mirip dengan bermasalahnya aplikasi Instagram, yang memang tidak dirasakan semua penggunannya. Sejumlah user mengaku dirinya masih dapat mengakses Instagram melalui ponselnya seperti biasa.



Usut punya usut, ternyata masalah pada Instagram agaknya karena aplikasi tersebut belum diperbarui, atau terlalu banyak cache di dalamnya. Hal itu diungkapkan oleh seorang pengguna Twitter yang kemudian diakui benar oleh user lainnya. Selain itu, ada juga warganet yang mengaku harus memasang ulang aplikasi tersebut pada ponselnya agar dapat mengakses Instagram kembali.

detikINET pun mencoba keduanya untuk melihat apakah cara tersebut dapat benar-benar membuat aplikasi Instagram di smartphone dapat diakses seperti biasa lagi atau tidak. Terbukti, kedua cara tersebut dapat memulihkan aplikasi Instagram kembali.
































(fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed