Minggu, 03 Jun 2018 20:40 WIB

Mobil Otonom Kini Boleh Angkut Penumpang

- detikInet
Foto: Jeff Swensen - Gettyimages Foto: Jeff Swensen - Gettyimages
Jakarta - Pemerintah California, Amerika Serikat sudah mengizinkan pengujian mobil otonom di jalanan publiknya, dan kini mereka melangkah lebih jauh soal izin mobil otonom tersebut.

California Public Utilities Commission sudah memutuskan untuk mengizinkan program yang membolehkan mobil otonom untuk membawa penumpang, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Minggu (3/6/2018).

Setelah melihat perusahaan seperti Uber menguji mobil otonom, bukan tak mungkin di masa yang akan datang ada bisnis transportasi yang menggunakan mobil otonom sebagai dasarnya. Terlebih lagi, Lyft, yang merupakan pesaing Uber pun dikabarkan tengah menyiapkan mobil tanpa sopirnya juga.


Meski diizinkan untuk membawa penumpang dan beroperasi di jalanan umum, ada satu hal yang harus dipatuhi perusahaan pembuat mobil otonom tersebut. Yaitu mereka tak boleh mengenakan tarif ke para penumpangnya, setidaknya pada program uji coba ini.

Menurut seorang komisioner di California Public Utilities Commision bernama Liane Randolph, larangan memungut tarif ini akan membuat program uji coba ini akan berbeda dengan program final yang nantinya akan ada.

Terlebih lagi, menurutnya dengan menggratiskan layanan ini, peserta program akan lebih terbuka dalam memberikan umpan balik alias feedback, layaknya cara kerja program beta dalam pengerjaan sebuah software. (/)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed