BERITA TERBARU
Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB

Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Hal ini terjadi karena mulai diberlakukannya pemblokiran bagi pengguna yang berusia di bawah 16 tahun.

Seperti diketahui, Inggris dan Uni Eropa mulai memberlakukan aturan privasi data baru pada 25 Mei 2018. Aturan baru ini membuat WhatsApp ikut memperbarui kebijakan privasinya, salah satunya memberlakukan pembatasan pada usia minimal tersebut.

Sebagai dampak dari kebijakan ini, para pengguna di bawah usia 16 tahun di Inggris dan negara Uni Eropa tak lagi bisa menggunakan WhatsApp per 25 Mei 2018.



WhatsApp tidak menyebutkan jumlah pasti pengguna yang kini tak bisa mengakses layanannya. Yang jelas, ada jutaan pengguna di bawah usia 16 tahun terkena dampaknya.

Seperti dikutip detikINET dari The Independent, Minggu (27/5/2018), WhatsApp menyebutkan, sebagai bagian dari update ketentuan yang baru, pihaknya tidak meminta hak baru untuk mengumpulkan informasi pribadi pengguna.

"Tujuan kami adalah hanya menjelaskan bagaimana kami menggunakan dan melindungi informasi terbatas tentang Anda yang kami miliki," sebutnya.

WhatsApp menyebutkan, pihaknya sudah memastikan bahwa ketentuan yang baru ini telah memenuhi standar transparansi yang tinggi dalam hal melindungi privasi para penggunanya.

Sebagai informasi, diberlakukannya aturan baru ini membuat pengguna WhatsApp di Eropa yang login ke dalam aplikasi akan ditanya usianya pada halaman persetujuan term of service (TOS), lengkap dengan kebijakan privasi WhatsApp yang sudah diperbarui.

Selain soal usia minimal, WhatsApp kini juga membolehkan penggunanya untuk mengunduh copy data-data mereka yang ada di aplikasi milik Facebook tersebut, seperti kontak dan nomor-nomor yang sudah diblokir sebelumnya.



Sementara itu, Facebook sebagai pemilik layanan WhatsApp juga menerapkan aturan serupa terkait perubahan aturan privasi data di Eropa ini. Mereka kini akan meminta remaja dengan usia antara 13 sampai 15 untuk menunjukkan izin dari orangtuanya untuk membagikan informasi personal di platform tersebut.

Jika mereka tak bisa menunjukkan izin dari orang tuanya, mereka hanya bisa mengakses Facebook versi generik, alias tanpa kustomisasi informasi berbasis data mereka.

Namun perlu diingat, di luar Eropa, usia minimal untuk menggunakan WhatsApp tetaplah 13 tahun. (agt/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed