Sabtu, 26 Mei 2018 19:35 WIB

Pembelajaran Digital Lebih Efektif Bagi Siswa

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: Extramarks Foto: Extramarks
Jakarta - Pengembangan platform pendidikan berbasis digital mulai marak berkembang di Indonesia. Sistem pembelajaran di era modern ini dianggap bisa lebih efektif dalam memberikan pembelajaran kepada siswa.

Tidak heran bila penyedia layanan belajar online makin terus tumbuh. Bahkan sejumlah pemain dari sejumlah negara coba peruntungannya di Tanah Air, Extramarks menjadi salah satunya.

Extramarks merupakan perusahaan penyedia platform edukasi digital (edutech) asal India. Mereka berupaya mengakomodir perkembangan teknologi dengan kebutuhan pendidikan. Caranya dengan menghadirkan sebuah platform yang bisa memudahkan para pelajar untuk mendapatkan materi pendidikan bermutu yang sesuai dengan karakter belajar siswa.

Mengusung konsep pendekatan Belajar, Berlatih, dan Ujian, berpadu dengan konten pembelajaran yang sudah berbahasa Indonesia serta mengikuti Kurikulum Nasional 2013, Extramarks menjanjikan siswa bisa lebih mudah memahami pelajaran. Di samping itu dapat meningkatkan minat serta ketertarikan dalam belajar.

"Metode pembelajaran ini telah banyak digunakan di Uni Emirat Arab, Singapura dan India. Kami akan meresmikannya segera untuk menghadirkan sistem baru ini,"ujar President Director PT Extramarks Education Indonesia Sumegh Kumar di Jakarta, Sabtu (26/5/2018).

Extramarks menghadirkan sebuah perangkat lunak (software) yang berisi bahan mata pelajaran untuk tingkat dasar hingga menengah. Yang menarik, materi diberikan dalam animasi yang interaktif.

Semua metode pembelajaran tersebut dikemas dalam bentuk multimedia interaktif. Hal ini guna memastikan setiap siswa dapat memilih opsi belajar yang paling nyaman dan sesuai dengan karakter masing-masing. Tak hanya itu, dengan menggunakan informasi yang tersaji di web, para orangtua bisa memantau kurikulum apa saja yang sedang dibelajari oleh siswa.

"Jadi, sistem kami memungkinkan para orangtua untuk mengawasi anak, mereka belajar apa dan sebagainya," kata Fernando Uffie, Country Manager at Extramarks Indonesia.

Perangkat lunak ini telah digunakan di lima negara. Di Indonesia terutama digunakan dalam pengaturan profesional, perusahaan berharap untuk dapat menarik banyak sekolah dengan teknik pembelajaran dalam perangkat lunaknya. (mag/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed