Sabtu, 26 Mei 2018 11:35 WIB

Peretas Video Despacito di YouTube Ditangkap

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - April lalu sejumlah video musik dari sejumlah artis di YouTube diretas, kontennya dihilangkan dan diganti (deface). Kini peretasnya sudah ditangkap di Paris, Prancis.

Dua orang remaja asal Prancis ditangkap terkait dengan aksi peretasan ini, dan keduanya didakwa dengan sejumlah pasal. Kedua orang remaja ini meretas akun YouTube Vevo sejumlah artis seperti Drake, Katy Perry, Taylor Swift, dan lainnya.

Salah satu video yang jadi korban peretasan itu adalah video Despacito, yang merupakan video dengan penonton terbanyak di YouTube pada 2017 lalu. Modusnya sama, yaitu dengan melakukan deface pada akun-akun tersebut.

Jaksa penuntut di Paris bekerja sama dengan jaksa penuntut di Manhattan, AS (tempat Vevo berkantor) untuk membawa kedua pelaku ke AS, demikian dikutip detikINET dari Engadget, Sabtu (26/5/2018).

Kedua pelaku tersebut adalah Gabriel K.A.B dan Nassim B -- sama-sama berusia 18 tahun --, dan keduanya didakwa dengan pasal berlapis, masing-masing lima dan enam pasal berbeda.

Mereka April lalu bisa mengambil alih akun YouTube milik Vevo, dan mengganti bermacam konten video musik di akun-akun tersebut. Vevo sendiri pun bekerja cepat setelah menyadari adanya peretasan tersebut, dan langsung menghilangkan konten yang diunggah oleh kedua peretas itu. (asj/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed