Kamis, 24 Mei 2018 10:00 WIB

Aplikasi Ini Berambisi Gantikan Dompet Fisik Jadi Digital

Raden Fadli Sumawilaga - detikInet
Perkenalan DANA. Foto: Raden Fadli Sumawilaga/detikinet Perkenalan DANA. Foto: Raden Fadli Sumawilaga/detikinet
Jakarta - Perkembangan teknologi pada sektor fintech memberikan banyak kemudahan. Salah satunya pembayaran digital yang nantinya akan menggantikan dompet fisik, menjadi dompet elektronik melalui gadget Anda.

DANA, salah satu perusahaan layanan pembayaran digital non-tunai di Indonesia memiliki tujuan tersebut. Berawal dari pengalaman sering ketinggalan dompet, sementara ponsel tak pernah dilupakan, membuat CEO DANA, Vincent Iswara, ingin membuat sebuah terobosan di Indonesia, yaitu dompet digital di ponsel.

"Dompet digital akan memudahkan masyarakat, terutama milenial, dalam melakukan transaksi secara non-tunai dan non-kartu. DANA hadir untuk mengoptimalisasi penggunaan uang digital dan memberikan pilihan pembayaran yang aman, nyaman bagi generasi milenial di Indonesia," ungkap Vincent di kantornya di Capital Place, Jakarta, Rabu (22/5/2018).

Lalu apakah penggunaan fasilitas dompet digital ini aman? DANA mengklaim bahwa keamanan atas data dan jumlah saldo uang digital yang dimiliki penggunanya terjamin.

Aplikasi Ini Berambisi Gantikan Dompet Fisik Jadi Digital Vincent Iswara. Foto: Raden Fadli Sumawilaga/detikinet


"Setiap transaksi menggunakan PIN seperti pembayaran non-tunai lain, sehingga apabila ponsel Anda hilang, maka Anda dapat melakukan reaktivasi melalui pin atau token saat mendaftar kembali di perangkat barunya. Jadi tidak akan ada risiko pembobolan," kata pria yang kerap disapa Vince itu.

Nantinya, DANA pun akan menyediakan layanan integrasi kartu kredit secara online, sehingga pengguna tidak perlu ketakutan ketika berbelanja namun ketinggalan kartu kredit ataupun uang tunai.

Selain itu, DANA menjamin seluruh transaksi yang dilakukan legal, sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 18/40/PBI/2016 tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran (PTP).

Saat ini transaksi non-tunai menjadi sasaran milenial karena selain mudah, promo yang diberikan juga cukup menarik.

Marketing Director DANA, Timothius Martin, menjelaskan DANA dapat dicoba di aplikasi Blackberry Messenger (BBM) untuk berbagai macam pembayaran seperti tagihan listrik, air dan BPJS. Lalu pembayaran transaksi Bukalapak, pembelian tiket bioskop melalui aplikasi hiburan TIXid, serta aplikasi Ramayana.

"Banyak sekali promo menarik yang dihadirkan melalui kerja sama antara DANA. Salah satunya nonton berdua hanya setengah harga melalui pembelian tiket Cinema XXI bioskop di TIXid setiap hari Senin, serta promo cashback Rp 20.000 untuk setiap pembelian tiket nonton di akhir pekan," kata Timothius.

Aplikasi ini masih dalam mode open beta berbasis open platform. Itu artinya DANA belum memiliki aplikasi sendiri atau masih menempel di tiap aplikasi yang bekerja sama dengan dompet digital ini. Kabarnya aplikasi DANA akan hadir dalam waktu dekat. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • YouTube Pulih, Netizen Gembira

    YouTube Pulih, Netizen Gembira

    Rabu, 17 Okt 2018 10:25 WIB
    Setelah sempat tumbang sekitar 45 menit, YouTube saat ini sudah pulih dan bisa diakses. Tumbangnya YouTube terjadi di versi website dan aplikasi mobile.
  • Layanan Down, Ini Kata YouTube

    Layanan Down, Ini Kata YouTube

    Rabu, 17 Okt 2018 09:39 WIB
    Layanan YouTube down pada Rabu (17/10/2018) pagi WIB ini. Berikut penjelasan pihak YouTube mengenai masalah tersebut.
  • iPhone XR Sudah Kantongi Restu Kominfo

    iPhone XR Sudah Kantongi Restu Kominfo

    Rabu, 17 Okt 2018 09:20 WIB
    Pada Jumat (19/10/2018), iPhone XR mulai dibuka pemesanan awalnya. Meski keran pre-order belum sampai di Indonesia, ponsel ini sudah mengantongi restu Kominfo.
  • YouTube Down di Sejumlah Negara

    YouTube Down di Sejumlah Negara

    Rabu, 17 Okt 2018 09:10 WIB
    Situs berbagi video terbesar di dunia, YouTube, dipastikan tumbang alias tidak dapat diakses. Kejadian ini menimpa pengguna di berbagai negara.
  • YouTube Dilaporkan Tumbang

    YouTube Dilaporkan Tumbang

    Rabu, 17 Okt 2018 09:00 WIB
    Pengguna akan melihat pesan error saat mencoba melakukan beragam fungsi di YouTube. Termasuk login, upload atau memutar konten.
  • Twitter Bisa Lacak Akun Penyebar Kebencian

    Twitter Bisa Lacak Akun Penyebar Kebencian

    Rabu, 17 Okt 2018 08:42 WIB
    Twitter cukup kewalahan dalam mengatasi konten yang berisikan tentang ujaran kebencian. Menghadapi isu tersebut, mereka tengah merancang jurus jitunya.
  • WhatsApp Perpanjang Waktu Hapus Pesan

    WhatsApp Perpanjang Waktu Hapus Pesan

    Rabu, 17 Okt 2018 07:59 WIB
    WhatsApp memperbarui fitur 'Delete for Everyone'. Update yang diberikan terkait batasan waktu pengguna bisa menghapus pesan yang terlanjur terkirim.