Rabu, 23 Mei 2018 14:26 WIB

CEO Microsoft: Dunia Sudah Seperti Komputer Raksasa

Virgina Maulita Putri - detikInet
Satya Nadella. Foto: detikINET/Reno Hastukrisnapati Satya Nadella. Foto: detikINET/Reno Hastukrisnapati
Jakarta - CEO Microsoft, Satya Nadella, mengatakan bahwa saat ini dunia sudah seperti komputer raksasa. Ini dikarenakan penggunaan teknologi seperti cloud, Internet of Things dan kecerdasan buatan (AI) yang semakin marak di kehidupan sehari-hari.

"Teknologi digital, secara perfasif, semakin tertanam di setiap tempat: setiap hal, setiap orang, setiap bagian dari kehidupan secara fundamental dibentuk oleh teknologi digital," kata Nadella saat berbicara di London, seperti dikutip detikINET dari ZDNet, Rabu (23/5/2018).

"Luar biasa jika kita memikirkan dunia sebagai komputer. Saya pikir itu metafor yang tepat bagi kita saat melangkah ke depan," tambahnya.


Nadella kemudian menambahkan betapa pentingnya AI dan cloud bagi Microsoft dan juga kehidupan kita sehari-hari. Nadella mencontohkan sebuah rapat yang menggunakan terjemahan, transkripsi, HoloLens dan perangkat lainnya untuk meningkatkan proses pembuatan kebijakan.

"Ide bahwa sekarang kamu bisa menggunakan semua daya komputasi yang ada di sekitarmu - pemikiran bahwa dunia merupakan sebuah komputer - akan mengubah bagaimana kamu mengadakan rapat dan secara fundamental apa arti kehadiran dalam sebuah rapat," kata Nadella.


Namun, menurutnya pengembangan AI harus dikembangkan dengan kesadaran akan etika. Nadella pun menjelaskan satu tantangan yang harus dihadapi dalam mengembangkan AI.

"Salah satu tantangan utama dari AI, terutama terkait pemahaman bahasa, adalah model-model yang mempelajari bahasa dari korpus data manusia. Sayangnya korpus data manusia itu penuh bias, jadi kita perlu untuk berinvestasi di alat yang memperolehkan kita untuk menghilangkan bias ketika memodelkan bahasa," ujar Nadella. (jsn/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed