BERITA TERBARU
Rabu, 23 Mei 2018 09:39 WIB

Cara Mudah Cek Jadwal Piala Dunia Tanpa Kuota

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Kemeriahan jelang Piala Dunia 2018. Foto: Amalia Dwi Septi/detikcom Kemeriahan jelang Piala Dunia 2018. Foto: Amalia Dwi Septi/detikcom
Jakarta - Bagi yang tidak ingin kelewatan pertandingan Piala Dunia, ada cara mudah untuk mengecek jadwal detailnya di ponsel, bahkan tidak memerlukan koneksi internet.

Piala Dunia 2018 hanya tinggal hitungan hari. Para penikmat sepak bola tentunya harus mempersiapkan diri dengan baik agar dapat menikmati ajang empat tahunan secara maksimal. Terkait dengan hal tersebut, salah satu aspek yang harus diperhatikan adalah jadwal pertandingan.

Di internet, banyak cara yang dapat digunakan untuk mengecek jadwal pertandingan, mulai dari mengunduh pdf hingga mengunjungi situs-situs mengenai sepak bola. Cara-cara tersebut tentunya memiliki kekurangannya masing-masing, baik dari sisi kepraktisan, hingga ketergantungan terhadap akses internet.

Bagi yang menginginkan kemudahan sekaligus memiliki keterbatasan terhadap kuota internet, cara satu ini patut dicoba. Sebuah situs bernama Mashtips.com menyediakan sebuah file yang dapat langsung dimasukkan ke dalam aplikasi kalender pada smartphone.

File dengan format ICS tersebut dapat diunduh dan bisa dipasangkan pada aplikasi kalender di perangkat dengan sistem operasi iOS dan Android. Bahkan, PC berbasis Macintosh dan Windows pun juga mendukung file tersebut.

Cara Mudah Cek Jadwal Piala Dunia Tanpa KuotaFoto: istimewa


Setelah dipasangkan ke aplikasi kalender, maka seluruh jadwal Piala Dunia 2018 akan muncul di dalamnya, lengkap dengan nama-nama negara yang bermain dan kota berlangsungnya pertandingan tersebut. Patut dicatat, nama-nama negara yang bertanding hanya muncul saat penyisihan grup, sedangkan untuk fase gugur akan tercantum jadwal dengan status tim bersangkutan.

Perlu diingat juga, setelah terpasang, file ICS tersebut akan langsung menyesuaikan jadwal pertandingan dengan zona waktu di dalam aplikasi kalender penggunanya secara otomatis. Jadi, pastikan zona waktu di dalam aplikasi kalender yang digunakan sudah sesuai dengan domisili atau tempat bermukim saat ini.



Melalui cara ini, pengguna tak perlu bolak-balik melihat situs-situs terkait sepak bola, file PDF, atau bahkan poster dan pamflet untuk memastikan jadwal pertandingan Piala Dunia yang kali ini digelar di Rusia. Selain efisien, juga tak butuh data seluler karena aplikasi kalender tak perlu akses internet, sehingga bisa diterapkan saat perangkat yang digunakan sedang offline. Kuota yang terpakai hanya digunakan pada saat mengunduh file ICS di awal.

Bagi yang benar-benar tidak ingin kelewatan seluruh 64 pertandingan Piala Dunia 2018, penggunanya dapat memasangkan alarm atau sekadar pengingat di dalam kalender perangkatnya. Hal ini dapat dilakukan sebagaimana memasang alarm dan pengingat pada agenda atau kegiatan di aplikasi kalender seperti biasa. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed