BERITA TERBARU
Minggu, 20 Mei 2018 13:40 WIB

Korut Buru Para Pembelot Lewat Play Store

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi Play Store. Foto: Istimewa Ilustrasi Play Store. Foto: Istimewa
Jakarta - Biasanya, malware yang menyusup ke Google Play Store bertujuan untuk menyelipkan iklan atau melakukan tindak penipuan. Namun peneliti McAfee menemukan malware lain yang punya tujuan spesifik, yaitu mencari pembelot dari Korea Utara.

Baru-baru ini, sebuah grup asal Korut bernama Sun Team memasukkan tiga aplikasi ke Play Store untuk mencari orang-orang yang kabur dari Korea Utara. Untuk membujuk pengguna menginstal aplikasi tersebut, mereka menggunakan Facebook untuk membuat orang menginstal aplikasinya.

Saat aplikasi itu terinstal, mereka akan mengirimkan data kontak, foto, dan SMS menggunakan Dropbox dan Yandex, seperti dikutip detikINET dari Engadget, Minggu (20/5/2018).



Kampanye pencarian pembelot ini bernama RedDawn, dan Sun Team bukan yang pertama melakukannya. McAfee melihat aksi ini pertama dilakukan pada Januari lalu. Namun cara yang ditempuh saat itu berbeda, di mana si korban harus menginstal aplikasi di luar Play Store.

Tak bisa dipastikan apakah Pemerintahan Korut benar-benar ada di balik RedDawn, pasalnya Sun Team terlihat berbeda dibanding grup Lazarus yang memang dibekingi oleh pemerintah Korut saat melancarkan berbagai serangan cyber selama bertahun-tahun.

Hasil dari kampanye ini pun belum bisa dilihat kesuksesannya, pasalnya belum terungkap berapa banyak perangkat yang terinfeksi oleh malware tersebut. (asj/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed