Jumat, 18 Mei 2018 14:52 WIB

YouTube Uji Coba Mode Menyamar, Apa Fungsinya?

Raden Fadli Sumawilaga - detikInet
Aplikasi YouTube. Foto: detikINET/Irna Prihandini Aplikasi YouTube. Foto: detikINET/Irna Prihandini
Jakarta - Incognito Mode (mode menyamar) biasa digunakan untuk mencegah browser untuk menyimpan riwayat browsing ataupun tracker dari aplikasi online. Kabarnya, fitur perlindungan privasi itu akan diterapkan oleh YouTube dalam waktu dekat.

Dilaporkan Gizmodo dari Android Police, Jumat (18/5/2018), nantinya fitur ini akan muncul begitu membuka halaman profil YouTube. Ketika mode incognito aktif, maka YouTube tidak akan merekam riwayat menonton.

Hal ini dilakukan agar pengguna YouTube dapat menikmati tontonannya, tanpa harus terganggu oleh rekomendasi video yang tidak kita inginkan hanya dengan sekali klik.



Seluruh saluran subscription juga tidak akan ditampilkan apabila menggunakan mode incognito. Pada menu subscription akan muncul ikon topi dan kacamata bulat yang menandakan fitur ini sedang aktif.

YouTube Uji Coba Mode Menyamar, Apa Fungsinya? Gambaran mode menyamar di YouTube. Foto: istimewa


Sebelumnya, pengguna YouTube dapat mencegah penyimpanan riwayat menonton melalui pengaturan di aplikasi ini. Namun hal ini terkesan rumit, karena pengguna harus menggali ke dalam pengaturan "History & Privacy". Kali ini, YouTube menyediakan pilihan yang lebih mudah, yaitu mode incognito tersebut.

Mode ini masih dalam tahap uji coba dan belum bisa digunakan secara umum. Belum diketahui pasti kapan mode ini akan mulai dapat digunakan. Namun kabarnya, YouTube akan merilis fitur ini dalam waktu dekat. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed