Jumat, 18 Mei 2018 11:54 WIB

Dituntut Hukuman Mati, Aman Abdurrahman Panaskan Medsos

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Sidang Aman Abdurrahman. Foto: Lamhot Aritonang Sidang Aman Abdurrahman. Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Tuntutan hukuman mati yang dijatuhkan untuk otak di balik rentetan bom di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir membuat namanya memuncaki daftar trending topic di Indonesia.

Dalam sidang yang dilakukan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, jaksa menjatuhkan tuntutan hukuman mati terhadap Aman Abdurrahman. Keputusan ini diambil dikarenakan pria tersebut diyakini menjadi otak sejumlah aksi teror di Indonesia.


Saksikan juga video "Dituntut Mati, Ini yang Memberatkan Aman Abdurrahman" di 20Detik:



Sejumlah teror yang digerakkan Aman di antaranya bom Gereja Oikumene di Samarinda, bom Kampung Melayu, penusukan polisi di Sumatera Utara, dan penembakan polisi di Bima. Peristiwa ledakan bom di kawasan Thamrin, Jakarta, pada 2016 lalu pun diyakini juga didalangi oleh Aman.

Keputusan jaksa tersebut mendapat tanggapan beragam dari netizen. Di media sosial Twitter, sejumlah warganet mengatakan vonis tersebut dikhawatirkan dapat menjadi pemicu aksi terorisme lebih besar. Untuk itu, mereka berharap pihak berwajib bersiaga terhadap aksi pendukungnya yang tak menerima keputusan tersebut.

Meski begitu, sejumlah pengguna Twitter lain menganggap bahwa vonis mati sudah menjadi jalan yang terbaik untuk Aman, dan berharap tidak ada organisasi masyarakat yang merasa sakit hati. Ada juga yang bilang bahwa ini merupakan sebuah bentuk keadilan.

Menariknya, netizen lain beranggapan bahwa hukuman mati tidak cocok bagi Aman. Mereka berpendapat bahwa Aman lebih pantas untuk dikurung seumur hidup karena sanksi tersebut dirasa lebih menyakitkan dibandingkan dengan hukuman mati.

Di luar itu semua, seorang pengguna Twitter mengatakan bahwa keputusan jaksa yang menuntut hukuman mati untuk Aman diharapkan diikuti aksi lanjutan dalam pemusnahan penyebaran paham radikal dan penghasutan agar terorisme yang seperti virus dapat dimusnahkan. Banyaknya netizen yang membicarakan Aman Abdurrahman pun membuat namanya memuncaki trending topic Twitter di Indonesia.




















(fyk/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed