Jumat, 18 Mei 2018 09:45 WIB

Fotografer Asal Asia Tenggara Sukses 'Telanjangi' Korea Utara

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Aram Pan di Korut. Foto: Instagram Aram Pan di Korut. Foto: Instagram
Jakarta - Sikap Korea Utara yang terkenal tertutup dengan dunia internasional tak berlaku bagi fotografer satu ini yang berhasil 'menelanjangi' negara tersebut.

Fotografer asal Singapura bernama Aram Pan berhasil 'membongkar' kondisi di dalam Korea Utara yang dikenal sangat tertutup. Melalui proyeknya yang bernama DPRK 360, ia sukses menampilkan perspektif berbeda dari negara yang beribu kota di Pyongyang tersebut.

"DPRK 360 adalah sebuah koleksi dari video, foto, dan gambar panorama 360 derajat yang saya kumpulkan selama beberapa tahun perjalanan saya di Korea Utara," ujarnya, sebagaimana detikINET kutip dari Nextshark, Jumat (18/5/2018).

Hasil tangkapannya ia unggah melalui berbagai platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan YouTube, yang jika ditotal sudah punya sekitar 50 ribu pengikut. Walau yang ia lakukan tampak sederhana, mengambil gambar, lalu memajang di media sosial, Pan mengaku sempat mendapat beberapa penolakan terhadap karyanya.

Fotografer Asal Asia Tenggara Sukses 'Telanjangi' Korea UtaraSalah satu jepretan Aram Pan. Foto: Instagram


"Sejak saya memulai proyek ini, saya sudah menghadapi dua tipe orang yang ekstrem. Pertama, mereka yang menganggap proyek saya dianggap mengagungkan komunisme. Meski begitu, ada juga yang beranggapan bahwa proyek saya ini dapat diterima karena menggaungkan anti-kapitalis," tuturnya.

"Yang saya bisa katakan adalah DPRK 360 tak lebih dari sebuah rekaman perjalanan saya menelusuri Korea Utara. Saya mengunggah apapun yang saya lihat dan alami. Apa yang kamu lihat adalah apa yang saya lihat di Korea Utara," kata Pan menambahkan.

Sampai saat ini, pria berkacamata tersebut sudah melakukan tak kurang dari 16 perjalanan ke Korea Utara sejak ia memulai proyek DPRK 360 pada 2013 lalu. Ia mengaku segalanya bermula karena rasa penasarannya terhadap negara tersebut.

"Ketika mulai menjalankan proyek ini, jujur, saya tidak begitu yakin ini akan berkembang, bahkan saya tidak yakin akan mampu melakukan dua atau tiga kali perjalanan berikutnya," ujarnya.

Sepanjang petualangannya di Korea Utara, salah satu 'prestasi' yang ditorehkan oleh Pan adalah keberhasilannya dalam menangkap pemandangan Pyongyang secara 360 derajat dari pesawat terbang. Biasanya, para turis tidak diperbolehkan untuk mengambil gambar dari kamera atau ponsel selama penerbangan berlangsung.

"Singkat cerita, saya mendapat persetujuan dari mereka. Saya bisa membawa kamera apa pun yang dipasangkan ke tubuh saya, jadi ia tidak akan jatuh dari langit," ucapnya.

"Itu merupakan pengalaman yang sangat menggembirakan. Saya merasa sangat beruntung dapat dibolehkan untuk terbang melintasi Pyongyang di atas pesawat yang biasanya digunakan bagi para diplomat," pungkasnya.


Simak juga video "Keren! Fotografer Singapura Ini Mampu Telanjangi Korea Utara" berikut ini:
(fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed