BERITA TERBARU
Kamis, 17 Mei 2018 13:09 WIB

Terkuak, Ini Jawaban Perdebatan Yanny atau Laurel

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Perdebatan mengenai rekaman suara Yanny atau Laurel beberapa hari lalu, mulai terpecahkan. Sebelumnya, rekaman suara tersebut menjadi viral di internet dan sempat membelah netizen jadi dua kubu.

Dilansir detikINET dari TMZ, Kamis (17/5/2018) rekaman suara tersebut diketahui direkam oleh akun Reddit dengan nama Rolland Camry. Karena ia mengetahui ulahnya tersebut menjadi perdebatan netizen di seluruh dunia, Rolland pun membocorkan rahasia rekaman suara tersebut.

Menurut Rolland, ia memerintahkan ucapan robot untuk menyebutkan nama Laurel di vocabulary.com. Namun, ketika itu, Rolland merekam audio tersebut langsung dari speakernya sehingga menyebabkan distorsi.



Rolland yang saat itu merekam audio dengan seorang temannya, mendengarkan kata yang berbeda. Rolland berpendapat bahwa robot tersebut mengucapkan Laurel, tapi temannya mendengarnya Yanny.

Nah, kejadian itulah yang menjadi Rolland memutuskan memposting rekaman suara tersebut ke akun Reddit.



Tak disangka, apa yang dilakukan Rolland menjadi heboh di jagat maya, usai seorang YouTuber bernama Cloe Feldman turut memostingnya di akun Twitter-nya. Bahkan para para pesohor, seperti Ellen DeGeneres hingga Katy Perry turut terlibat dalam perdebatan Yanny atau Laurel.

Pakar audio yang dikutip TMZ, mengungkapkan mengapa setiap orang mendengarkan kata yang berbeda, antara Yenny atau Laurel. Hal itu terjadi karena orang mendengarkan dengan frekuensi berbeda. Perdebatan ini juga tak terlepas dari kualitas rekaman suara yang begitu jelek yang terpapar distorsi.
(agt/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed