Senin, 14 Mei 2018 06:48 WIB

Facebook Aktifkan Safety Check Bom Surabaya, Begini Menggunakannya

Rachmatunnisa - detikInet
Situasi pasca terjadi ledakan bom Surabaya. Foto: Deni/detikcom Situasi pasca terjadi ledakan bom Surabaya. Foto: Deni/detikcom
Jakarta - Terkait kejadian ledakan bom di tiga gereja di Surabaya dan Rusun Wonocolo di Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (13/5), Facebook mengaktifkan fitur Safety Check bagi pengguna di area tersebut.

Di linimasa Facebook, terlihat sejumlah pengguna Facebook yang berasal dari sekitar wilayah tersebut menandai bahwa mereka dalam kondisi aman.

Seperti diketahui, fitur Safety Check bisa digunakan untuk memberitahukan teman dan saudara bahwa kondisi si pemilik akun aman dari peristiwa besar yang tengah terjadi.



Jika pengguna sedang berada di daerah sekitar terjadinya ledakan bom di tiga gereja di Surabaya dan Rusun Wonocolo, Sidoarjo, Jawa Timur, sistem Facebook secara otomatis akan mengirimkan notifikasi ke perangkat mobile.

Notifikasi tersebut kira-kira akan berbunyi seperti ini: "Terjadi ledakan di Ngagel Madya, Surabaya, beritahu teman Anda baik-baik saja".

Jika aman, pengguna bisa memilih pesan 'Saya Aman' atau 'I'm Safe'. Apabila si pengguna memilih pesan tersebut, sistem secara otomatis akan mengirimkan notifikasi kepada semua teman Facebook di akunnya yang menyatakan bahwa si pengguna dalam keadaan baik-baik saja.



Fitur yang dirilis 2014 ini awalnya dikembangkan sebagai sistem informasi saat terjadi bencana, seperti gempa bumi atau banjir. Namun untuk sejumlah peristiwa seperti terjadinya bom, Facebook sedikit memodifikasinya. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed