BERITA TERBARU
Jumat, 11 Mei 2018 16:17 WIB

Tips Tepat Manfaatkan Pendanaan dari Bos Ruangguru

Adi Fida Rahman - detikInet
CEO Ruangguru Adamas Belva Syah Devara. Foto: detikINET/Adi Fida Rahman CEO Ruangguru Adamas Belva Syah Devara. Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta - Pendanaan menjadi hal penting bagi startup untuk membantu mereka bertumbuh dan berkembang. Tapi kalau tidak dikelola dengan baik, bisa membuat sebuah perusahaan yang baru dirintis bisa tutup warung.

Saat ditemui di ajang 1st NextICorn Internasional Summit yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, CEO dan CO-Founder Ruangguru Adamas Belva Syah Devara menuturkan bagaimana cara memanfaatkan pendanaan dengan tepat. Ada tiga point yang diungkapnya.

Pertama, data. Akan menjadi percuma bila punya banyak dana, tapi tidak punya data. Semua pengambilan keputusan untuk pengeluaran harus berdasarkan data.


"Banyak startup kecil masih menggandalkan feeling, kayaknya seperti ini dan itu. Harus berdasarkan data," kata Belva.

Kedua, hemat. Banyak terjadi startup yang baru saja mendapat pendanaan langsung foya-foya. Membuat kantor langsung gede, dengan dekorasi yang ciamik. Padahal bisnis startup itu naik turun.

"Perusahaan besar saja bisa bangkrut apalagi yang kecil. Kita tidak mengetahui apa yang terjadi di tahun pertama dan selanjutnya. Kalau bisa sehemat mungkin. Jangan foya-foya sebelum waktunya," tutur pria lulusan Standford dan Harvard ini.

Lalu terapkan pengelolaan keuangan yang baik dan displin. Pelaku startup harus tahu berapa lama mereka bisa bertahan. Di beberapa kasus, founder terkadang tidak mengetahui kalau uang di bank sudah habis. Ketika mau pendanaan sudah terlalu telat dan prosesnya tidak singkat.

"Jadi harus tahu banget kita punya berapa bulan, tarik mundur, enam bulan sebelum itu sudah harus mulai cari pendanaan. Terpenting harus disiplin. Startup banyak yang kurang disiplin finansial manajemennya," tutup Belvas.

(asj/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed